Cara Memanfaatkan Keyboard dan Mouse Pada Tablet Android

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 28 Jan 2015 | 16:01

Sudah jelas bahwa semua perangkat elektronik, termasuk tablet Android, dibuat untuk membantu penggunanya dalam melakukan berbagai hal agar bisa lebih mudah. Namun apa jadinya jika pada tablet tersebut ada aplikasi yang tak bisa Anda manfaatkan dengan sempurna karena membutuhkan navigasi yang presisi seperti pada aplikasi graphic editor?.

Jawabanya adalah dengan mempergunakan keyboard dan mouse. Namun yang menjadi masalah Anda tak bisa mempergunakan mouse begitu saja karena tidak ada standar port USB pada tablet Android tersebut. Untuk solusinya, ada dua, seperti di bawah ini.

cara menggunakan mouse di tabletSolusi 1

Solusi yang paling mudah dan bisa dipergunakan untuk semua gadget dan bahkan smartphone yang telah mendukung external input adalah dengan mengaktifkan fitur Wireless Device Input (biasanya ikonnya berupa gambar mouse dan keyboard). Dari gambarnya saja sudah ketahuan bahwa fitur ini juga bisa dipergunakan untuk menyambungkan keyboard dan mouse untuk mengoprasikan perangkat. Nama fitur ini bisa saja berbeda, namun pasti mirip dan hanya terdapat pada perangkat Android ICS 4.0 atau di atasnya.

Begitu fitur ini diaktifkan, tablet Anda akan meminta ijin untuk mengaktifkan fitur Bluetooth pada perangkat, oleh sebab itu mouse dan keyboard yang bisa tersambung dengan fitur ini adalah mouse dan keyboard wireless atau yang mempergunakan teknologi Bluetooth. Begitu ada mouse yang aktif Bluetooth-nya, maka secara otomatis tablet Android Anda akan mendeteksi dan menyambungkan perangkat tersebut. Tunggu sebentar sampai proses setting selesai baru dipergunakan.

Solusi 2

Bagi Anda yang ingin mempergunakan mouse konvensional alias yang masih mempergunakan kabel, Anda bisa memanfaatkan Micro USB OTG (On The Go). Alat ini mengadaptasikan port USB standar mouse Anda agar bisa dimanfaatkan pada tablet Android yang hanya mempunyai port microUSB. Kegunaan microUSB OTG ini tidak saja menghubungkan mouse atau keyboard pada tablet Android, namun juga flashdisk dan bahkan external drive untuk back up data tablet Anda ke external hard drive.

Kabel ini biasanya ada pada paket pembelian tablet Android, namun jika tidak ada, bisa Anda beli dari toko gadget dengan harga yang tak akan lebih dari Rp100 ribu untuk kualitas terbaik. Anda ingin mencobanya?

Baca juga artikel:

Tombol Navigasi Ponsel Android Anda Rusak? Gunakan Aplikasi ini

Evercoss Winner Y, Octa Core Murah dengan Aplikasi Penghemat Kuota

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Jackpot Draw Let’s Get Rich

Artikel Lainnya

Komentar