Tombol Navigasi Ponsel Android Anda Rusak? Gunakan Aplikasi ini!

Oleh Jingga Prasetya on Kamis, 21 Jul 2016 | 11:57

Tidak semua smartphone Android mengusung konsep full layar sentuh. Maksudnya, ada beberapa smartphone Android yang memiliki navigasi tiga tombol fisik yang letaknya ada di bawah layar. Beberapa tipe smartphone Samsung Galaxy misalnya, tidak sedikit yang mengusung konsep seperti ini. Smartphone dari vendor lokal juga banyak yang menghadirkan konsep tombol fisik navigasi yang biasa terdiri dari Home, Recent, dan Back.

Aplikasi Ultimate Dynamic Navbar

Bagi yang mengusung konsep tombol fisik ini biasanya memiliki kelebihan dari segi kemudahan dalam cara penggunaan layar sentuh. Tetapi tidak sedikit pula kehadiran tombol fisik menjadi sesuatu yang perlu diwaspadai. Pasalnya, tombol fisik rentan rusak atau tidak berfungsi. Kerusakan biasanya terjadi hanya pada salah satu tombol fisik tetapi tidak menutup kemungkinan jika ketiga tombol fisik tersebut tidak berjalan secara semestinya.

Lantas, bagaimana jika smartphone Android dengan tombol fisik mengalami kerusakan? Ternyata ada solusi menarik untuk hal ini. Solusi tersebut adalah pemindahan navigasi dari tombol fisik ke soft key. Nantinya, smartphone dengan tombol fisik bisa bernavigasi dengan soft keys layaknya smartphone tanpa tombol fisik.Untuk melakukan ini digunakan bisa menggunakan aplikasi  Ultimate Dynamic Navbar.

Aplikasi Ultimate Dynamic Navbar merupakan aplikasi yang memungkinkan perangkat Android memiliki tombol navigasi tambahan. Jika smartphone Android memiliki aplikasi ini, maka tidak perlu khawatir jika tombol fisik mengalami masalah karena pengguna bisa memanfaatkan soft keys yang disediakan oleh aplikasi ini.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah. Langkah pertama adalah menginstal terlebih dahulu aplikasi Ultimate Dynamic Navbar di Google Play Store. Setelah terpasang di Android, bukalah aplikasi tersebut dan pilih opsi “On”. Tidak memakan waktu lama, soft keys bisa akan terlihat pada bagian bawah layar.

Semudah itu? Tentu saja karena aplikasi ini tidak memerlukan pengaturan yang rumit. Yang jadi masalah adalah tidak semua smartphone Android bisa menggunakan aplikasi ini. Hanya smartphone yang telah telah di-root yang dapat menginstal aplikasi ini. Untuk itu, pastikan sebelum dipasang, lakukan rooting terlebih dahulu.

Setelah rooting, silakan download aplikasinya di Google PlayStore. Ada dua versi yang dapat dipilih, versi gratis dan versi berbayar dengan harga Rp34.845. Tidak ada perbedaan fitur diantara keduanya. Yang membedakan hanyalah pengunaan kostumasisasi soft keys dari smartphone ternama seperti Samsung, HTC, LG, dan sebagainya.

Download Ultimate Dynamic Navbar di sini

Baca juga artikel:

Perjalanan Smartphone Berkamera Canggih Dari Masa ke Masa

RAM 3 GB dan Harga Miring Ala Meizu MX4 Pro

Kilas Balik Perkembangan Teknologi Ponsel Kamera

Artikel Lainnya

Komentar