WhatsApp Kini Bisa Diakses dengan PC Desktop, Begini Caranya!

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 23 Jan 2015 | 13:25

WhatsApp membuat gebrakan dengan menghadirkan versi WhatsApp untuk pengguna PC desktop. Tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang sangat bagus. Terlebih aplikasi chating yang diakusisi Facebook ini memiliki banyak pengguna. Para pengguna WhastApp menyambut baik langkah pengembangan ini.

Berkat kehadiran WhatsApp di PC dektop tentunya pengguna bisa lebih efektif dalam mengirimkan pesan. Mereka bisa mengirim pesan dan menunggu pesan sambil bekerja di depan komputer. Tentu ini juga membuat pengguna tidak perlu repot membuka smartphone jika ada pesan yang masuk. Tidak hanya itu, WantsApp di PC desktop juga memungkinkan pengguna untuk mencari chat lama, pengaturan notifikasi, serta update status layaknya WantsApp di perangkat mobile.

Lantas, bagaimana cara mengakses WhatsApp di PC desktop? WhatsApp di PC desktop hadir dalam bentuk web yang dapat diakses di web.whatsapp.com. Untuk mengaksesnya, ada beberapa hal yang mesti dipenuhi. Pertama, sistem operasi PC desktop yang digunakan haruslah Windows. Kedua, pengguna harus menggunakan Google Chrome untuk mengakses web.whatsapp.com ini. Setelah dapat mengakses situs tersebut, selanjutnya lakukan langkah berikut ini.

 1. Bukalah WhatsApp yang ada di perangkat Android

 2. Klik pada bagian kanan layar (tiga garis berderet) dan pilih opsi “WhatsApp Web”. Jika plihan belum ada, cobalah untuk update aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

3. Setelah itu aplikasi WhatsApp akan menunjukan bahwa perangkat Android harus melakukan pemindaian atau scaning QR Code Scan pada whatsapp.com.

4. Ketika membuka whatsapp.com akan muncul QR Code Scan yang perlu di-scan.

 

5. Situs tersebut akan otomatis mendeteksi akun WhatsApp

6. Setelah itu, akun WhatsApp yang ada di whatsapp.com akan memiliki pengaturan dan riwayat obrolan yang sama dengan yang ada di perangkat mobile.

 

7. Sekarang tinggal mencoba mengirim pesan ke teman dekat atau siapapun, dan nikmatilah kemudahan mengetik pesan WhatsApp dengan keyboard dan bukan dengan keyboard virtual di perangkat mobile.

Dengan adanya web.whatsapp.com tentu membuat aktivitas chat menjadi lebih menyenangkan. Namun, web.whatsapp.com ini hanya berfungsi memindahkan percakapan saja dan bukan akses yang bisa dilakukan kapanpun. Berbeda dengan LINE yang memungkinkan pengguna untuk login di PC Desktop tanpa perlu melakukan proses scan dan tanpa perlu LINE di perangkat mobile dalam keadaan aktif. Sementara WhatsApp mengharuskan aplikasi yang ada di perangkat mobile tetap terhubung di Internet. Jika tidak, maka melakukan aktivitas di web.whatsapp.com juga tidak akan bisa dilakukan.

Hal yang juga menarik dari WhatsApp versi desktop ini adalah Anda masih bisa melakukan update status, melakukan pencarian chatting, mengatur notifikasi dan lain sebagai mana layaknya Anda menggunakan versi mobile. Untuk saat ini versi terbaru belum bisa melakukan pesan Broadcast. Untuk bisa tetap menerima pesan WhatsApp di versi desktop, Anda harus tetap menghubungkan WhatsApp versi mobile Anda dengan internet. Selamat mencoba! (Tedi)

Baca juga artikel:

Smartfren Andromax G2, Punya Taji di Kelas Bawah

Cara Percepat Kerja Windows Tanpa Upgrade

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Artikel Lainnya

Komentar