Cara Lain Maksimalkan Kapasitas RAM Android

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 22 Jan 2015 | 09:58

RAM memainkan peran penting terhadap performa yang disuguhkan oleh perangkat Android Anda. Tanpa dukungan RAM yang cukup atau tidak memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan task, kemungkinan besar kinerja perangkat akan tersendat. Hal ini dapat terjadi pada berbagai jenis perangkat. Setiap perangkat memiliki kebutuhan RAM yang berbeda-beda, salah satunya tergantung pada banyaknya aplikasi yang di-install.

Aplikasi yang berjalan di latar juga dapat melahap habis RAM perangkat Anda. Itu sebabnya, untuk memaksimalkan kapasitas RAM Anda, ada beberapa trik khusus yang bisa dilakukan.

Salah satu cara yang bsa Anda lakukan adalah dengan membuat virtual memory. Cukup install Swapper for Root. Cara ini tak membutuhkan partisi SD Card karena memakai space pada memori eksternal untuk menampung swap file.

Untuk menggunakan Swapper for Root, pastikan Android Anda sudah di-root. Anda dapat membuka Swapper dan cetang active swap on boot. Lalu Anda bisa memilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition.

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengisi value dengan kapasitas swap RAM sesuai keinginan Anda. Patut diketahui, besaran kapasitas swap RAM tergantung pada besar free space memori eksternal Anda.

Setelah melakukan setting tersebut, lakukan save. Anda kemudian hanya perlu menunggu sampai swipe file telah selesai dibuat. Hal terakhir yang harus dilakukan hanya me-reboot perangkat Anda.

Anda pun dapat meng-install RAM Manager. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yakni Free dan Pro. Tentu saja perbedaannya terletak pada biaya yang harus dieluarkan sekaligus fitur-fitur yang ditawarkan.

Kemampuan RAM Manager terbilang memuaskan. Aplikasi ini memiliki interface yang baik serta menyediakan banyak preset atau pilihan semacam Balance, Hard Gaming hingga Hard Multitasking. Tentunya setting-an tersebut akan menyuguhkan efek yang berbeda. Anda hanya perlu memilih sesuai kebutuhan Anda.

Bila perangkat Android Anda kerap mencapai limit karena multitasking, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Clean Master. Aplikasi untuk membersihkan RAM ini amat populer karena memiliki banyak fungsi.

Selain mampu mem-boost RAM Anda hanya dalam sekali sentuh, Anda pun dapat membersihkan junk files Anda dengan mudah. Tak heran bila aplikasi ini banyak diunduh oleh para pengguna Android. (Tedi)

Baca juga artikel:

Smartfren Andromax G2, Punya Taji di Kelas Bawah

Cara Percepat Kerja Windows Tanpa Upgrade

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 22 Januari 2015 - 17:46
ngeri bootlop ane gan -___-
Karasu Garasu 17 April 2015 - 09:39
trik pertama ngeri uy -___- kea pake eBoostr
Bima Satria 20 April 2015 - 09:54
iya gan emang wkwkwkw