Cara Percepat Kerja Windows Tanpa Upgrade  

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 21 Jan 2015 | 10:48

Siapa bilang jika untuk membuat kerja komputer berbasis Windows lebih cepat butuh biaya besar? Melakukan upgrade bukanlah satu-satunya cara untuk membuat komputer Anda mampu bekerja cepat.

 

Sebenarnya cukup mudah untuk meningkatkan kinerja komputer Anda. Eksekusi program pada komputer Anda bisa dilakukan tanpa butuh waktu lama hanya dengan melakukan beberapa hal simpel.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek space hard drive Anda. Setidaknya ruang yang disisakan adalah 15%. Dengan begitu, komputer Anda bisa berjalan lancar. Jika sudah terlalu penuh, Anda bisa membuang program dan file tidak penting.

Untuk me-remove program, Anda hanya perlu masuk ke Control Panel dan meng-uninstall program yang tidak Anda butuhkan lagi. Apabila Anda tak terlalu yakin program mana yang tidak diperlukan, Anda bisa mencari Last Used On untuk mengetahui prgram yang tak pernah Anda pakai. Jangan lupa untuk mengosongkan Recycle Bin setelah “bersih-bersih.”

Program-program yang berjalan secara otomatis ketika mulai membuka Windows menjadi salah satu penyebab lambatnya komputer Anda. Sangat mudah untuk meng-handle masalah ini. Anda hanya perlu melakukan revisi startup program dengan mengatur konfigurasi sistem melalui MSConfig.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah power option pada Control Panel. Ubahlah menjadi High Performance untuk mempercepat kinerja komputer Anda. Selain itu, Anda dapat melakukan disable program yang berjalan di latar. Aplikasi background bisa melahap RAM CPU Anda. Itu sebabnya disable aplikasi yang tak perlu.

Anda disarankan untuk mulai melakukan Disk Cleanup secara rutin. Cara ini mampu membersihkan file-file temporary yang menyita space hard drive Anda dan memperlambat kinerja komputer.

Cukup masuk ke my Computer dan klik kanan Hard Drive. Lalu, Anda bisa pilih Properties dan klik Disk Cleanup. Tak cuma itu, Anda pun sebaiknya melakukan Disk Defragment yang mampu merekonfigurasi cara harddisk Anda menyimpan informasi untuk efisiensi optimal.

Tahukah Anda jika virus bisa menyebabkan komputer Anda melambat? Dengan adanya bugs, virus dan threats lainnya, komputer Anda akan butuh waktu ekstra untuk mengatasinya. Dengan demikian, Anda dianjurkan untuk meng-install program antivirus. Memang, program tersebut juga bisa membuat komputer Anda sedikit lambat. Tetapi, malware akan memperlambat komputer Anda lebih parah. (Tedi)

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Artikel Lainnya

Komentar