Ini Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet  

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 21 Jan 2015 | 10:41

Menunggu waktu loading yang teramat lama saat berselancar di internet akan membuat siapa saja tak sabaran. Bagaimana tidak, hal itu sama saja dengan membuang waktu yang berharga. Selain itu, koneksi internet lemot juga akan membuat aktivitas download jadi berantakan.

Bila Anda kerap mengalami hal ini, sesungguhnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet Anda. Dengan begitu, waktu Anda tak akan tersita sia-sia.

Apabila Anda masih menggunakan Internet Explorer sebagai browser utama Anda, sudah waktunya bagi Anda untuk pindah ke lain browser yang tak menghabiskan terlalu banyak sumber daya. Ada banyak browser dengan keunggulan masing-masing yang bisa Anda pilih, seperti: 

  • Google Chrome: Butuh sedikit memory dan sangat bagus untuk situs-situs yang mempunyai banyak JavaScript dan Flash. Gunakan juga add-on FastestChrome untuk mengoptimalkannya.
  • Firefox: Ada banyak esktensi yang dimilikinya dan memungkinkan untuk memblokir iklan sesuai setting-an Anda. Add-on yang bsa Anda manfaatkan adalah Adblock Plus yang bisa menghilangkan iklan-iklan kala Anda tengah berselancar. Add-on Firefox Lite juga bisa Anda pakai untuk meningkatkan kecepatan.
  • Opera: Dengan teknologi kompresinya, browser ini amat cocok untuk koneksi internet lambat.

Untuk mempercepat koneksi internet, Anda perlu mengoptimalkan browser Anda dengan memilih add-on yang sekiranya mampu mempercepat kinerjanya. Anda pun sebaiknya membuang add-on, ekstensi dan plugin yang tak perlu karena mereka bisa menghambat proses page load.

Pada Firefox, Anda bisa klik Tools dan pilih Add-ons. Lalu, Anda bisa men-disable add-on dan plugin yang tak penting. Lakukan restart Firefox untuk memulai dengan setting baru Anda tadi.

Bagi pengguna Google Chrome, pilih Customize, Tools lalu Extensions. Kemudian, Anda bisa segera disable plugins yang tak dibutuhkan. Restart Chrome untuk bisa merasakan efeknya.

Allow cookies dan caching adalah cara lain untuk memungkinkan halaman di-load secara cepat. Memang, hal ini akan membuat browsing history Anda terekam. Namun, bila cara ini bisa memperlancar aktivitas berselancar Anda, mengapa tidak? Jangan lupa untuk menutup tabs yang tak diperlukan karena mereka juga bisa membuat koneksi internet Anda melambat. (Tedi)

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Artikel Lainnya

Komentar