Ini Jenis-Jenis Memory Card External yang Perlu Anda Ketahui

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 15 Jan 2015 | 17:11

Memori eksternal yang beredar di pasaran banyak sekali jenisnya. Anda harus tahu akan hal tersebut jika ingin membeli salah satunya untuk perangkat gadget Anda. Kali ini Pricebook akan uraiakan jenis-jenis memory card yang sudah banyak beredar agar Anda tidak salah pilih ketika membelinya.

Memory Stick

Memory external buatan Sony untuk semua perangkat buatanya, hadir pertama kali dengan varian Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo, dengan kapasitas hingga 4 GB. Kemudian lahir generasi kedua yang diberi nama Memory Stick Pro M2 dengan kapasitas hingga 8 GB.

MMC / Multi Media Card

Memory card standar, bisa dipergunakan pada slot SD Card. MMC kemudian berkembang dan menjadi RS-MMC yaitu Reduced Size MMC, yang berukuran lebih kecil tetapi masih bisa dipakai pada slot MMC dan juga SD card dengan adapter.

SD Card / Secure Digital Card

Mempunyai write-protected switch, berukuran 32 x 24 x 2 mm dengan berbagai ukuran hingga 64 GB atau lebih. SD Card ada berbagai varian yaitu  MiniSD, MicroSD/Transflash, XD Card (khusus buatan Olympus), SDHC dan juga micro SDHC.

CF Card / Compact Flash Card

Memory card jenis ini paling banyak dipergunakan pada kamera digital karena mempunyai transfer data paling cepat dan memiliki chip controller. Hadir dalam dua varian yaitu CF Type 1 (tebal 5mm) dan CF Type 2 (tebal 3mm). CF card dapat menyimpan berbagai jenis file, persis seperti flashdisk.

SMC / Smart Media Card

SMC mempunyai ukuran seperti Flash Card dan mempunyai kemampuan yang sama dengannya.

UFD / USB Flashdisk

Flashdisk sebenarnya tidak termasuk memory external, namun mempunyai fungsi yang sama yaitu menyimpan data-data multimedia dan format lain. Alat ini bekerja dengan teknologi flash memori yang digabungkan dengan USB, mudah dibawa kemana-mana dan mempunyai kapasitas yang sangat besar, hingga 128GB dan bahkan bisa lebih. Perangkat ini tak perlu software dan tak perlu diinstal, cukup colokkan saja dan Anda sudah bisa mentransfer file kedalamnya.

Itulah beberapa jenis memori external yang paling sering dipergunakan saat ini. Penggunaanya tergantung pada jenis slot yang tersedia pada perangkat dan juga merk, karena produsen  tertentu membatasi memori external buatan mereka sendiri yang bisa dipakai pada perangkat digital buatannya. (Tedi)

Baca juga artikel:

Kenali Sensor Pada Smartphone Anda

Snapdragon 810 Bermasalah, Smartphone Premium LG dan Samsung

Aldo T33, Android Lokal 7 Inci Rp700an Ribu

Fang Trinity, Gaming PC Super Tangguh Bertampang Unik

Tipe-tipe RAM DDR yang Digunakan pada Komputer

Artikel Lainnya

Komentar

Karasu Garasu 17 April 2015 - 09:51
uuu flashdick? typo yah gan :v
Bima Satria 20 April 2015 - 09:52
wkwkwkw typo ya
evanyzd 20 April 2015 - 09:54
Wuakakak asli typonya keren :))