Kenali Apa Itu Jenis SD Card, Mini SD, Micro SD, dan SDHC

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 15 Jan 2015 | 16:45

Pricebook rasanya tak perlu bertele-tele, langsung saja. Anda pasti tahu kegunaan SD Card, Mini SD, Micro Sd fan SDHC, yaitu untuk menyimpan data pada PDA, smartphone, kamera, dan camcorder. Namun kali ini yang akan dibahas adalah perbedaan dan fungsi spesifik keempat jenis memori external tersebut.

SD Memory Card -- secara umum sebesar perangko yaitu 32 x 24 x 2 mm dengan berat 2 gram dan tersedia dalam berbagai kapasitas. Yang membedakan SD Card dengan jenis yang lain adalah adanya write protection switch, persis seperti pada floppy disk jaman dahulu untuk mencegah data hilang serta CPRM (Content Protection for Recordable Media) untuk mencegah pembajakan isi. Hadir dengan kapasitas mulai dari 8MB hingga max 4GB dengan format FAT16

Mini SD dan Micro SD – Mini SD adalah adalah SD memory card ukuran lebih kecil yaitu 21 x 21,5mm, sementara microSD adalah SD memory card  berukuran 11 x 15mm dan paling banyak dipergunakan pada ponsel, MP3 player, PDA, dan banyak lagi tergantung slot yang disediakan oleh pembuat perangkat digital tersebut. MiniSD dan MicroSD bisa dipakai pada slot SD memory card dengan cara disisipkan pada sebuah adapter yang menyerupai SD memory card. Sampai saat ini MicroSD adalah jenis memory yang paling cepat berkembang dan saat ini telah tersedia microSD dengan kapasitas hingga 64GB dan 128GB.

SDHC Memory Card – SDHC atau SD High Capacity adalah pembaharuan dari teknologi yang dipakai pada SD memory card dan tanpa merubah bentuk maupun ukuran. Pada SDHX, format yang dipakai adalah FAT32 dan SDHC memiliki kapasitas mulai dari 4GB hingga 32GB, jadi lebih banyak data yang bisa ditampung dengan ukuran yang sama. Sebuah SD memory card bisa dipergunakan pada slot SDHC namun sebuah keping SDHC tidak bisa dipergunakan pada slot SD memory card walau ukurannya sama.

Ukuran SD memory card menjadi standar bagi pembuatan perangkat lain, slot yang sama bisa dipergunakan sebagai adapter untuk Bluetooth, Wifi, dan bahkan LAN, dengan memanfaatkan kartu adapter yang bentuk dan ukuranya sama persis dengan SD memory card. (Tedi)

Baca juga artikel:

Ini Dia Tablet dengan Dua Sistem Operasi

Empat Aplikasi Chatting Buatan Anak Negeri yang Perlu Anda Ketahui

Cara Menghilangkan dan Menambah Widget di Android

Mito Prime, Tablet 7 Inci dengan RAM 1 GB

Beda Layar Jenis LCD, TFT, IPS LCD, AMOLED dan S-AMOLED

Artikel Lainnya

Komentar