Ini Pengertian Class Pada Memory External

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 15 Jan 2015 | 16:32

Seringkali Anda akan bingung sendiri ketika hendak membeli memori external, katakanlah sebuah micro memory. Anda melihat memory card dengan kapasitas yang sama, 8 GB dijual dengan harga yang selisih lumayan banyak, padahal masih satu merek. Jangan salah sangka dengan menduga memory card yang murah adalah produk palsu atau seken, karena yang membuat harganya beda adalah Speed Class memory yang dibawanya.

Speed Class rating berhubungan dengan kecepatan baca suatu memori external. Sebuah micro SD biasa rata-rata mempunyai kapasitas penyimpanan maximal 4 GB (tergantung format dan merek) sementara sebuah micro SDHC secara teoritis bisa menyediakan media penyimpanan hingga 2TB (format SDXC bisa mencapai kapasitas sebesar ini), namun sampai saat ini kapasitas Micro SDHC adalah 32 GB. Perbedaan ini karena micro SD biasa masih mempergunakan FAT sementara SDHC telah mempergunakan struktur FAT32. Anda jangan rancu dengan istilah microSD, microSDHC, dan sebagainya karena mereka hanyalah varian dari SD Card yang dikembangkan lebih lanjut.

Kembali pada Speed Class Rating, untuk melihat kecepatan write sebuah memori external, baik SD Card, SDHC, MicroSD, dan MicroSDHC, maka Anda cukup meliha icon lingkaran berbentuk hurf C dan pada dalamnya ada tulias angka yang menunjukkan Class Speed rating dari memory external tersebut. Saat ini hanya ada lima jenis Speed Rating yaitu Class 0, Class 2, Class 4, Class 6 dan Class 10 dan satu UHS Speed Class (logo Huruf “U” dengan angka  di dalamnya).

Class 0 > Artinya memory tersebut tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum yang spesifik (generik)

Class 2 > Artinya Transfer Rate Minimumnya adalah 2MB/detik (atau 16Mbps)

Class 4 > Artinya Transfer Rate Minimumnya adalah 4MB/detik (atau 32Mbps)

Class 6 > Artinya Transfer Rate Minimumnya adalah 6MB/detik (atau 48Mbps)

Class 10 > Artinya Transfer Rate Minimumnya adalah 10MB/detik (atau 80Mbps)

UHS Speed Class 1 >Tranfer ratenya 10MB/detik (atau 80Mbps)

UHS Speed Class 3 >Tranfer ratenya 30MB/detik (atau 240Mbps)

Jadi saat Anda hendak membeli memory external untuk perangkat Anda, jangan hanya menyebutkan jenisnya, sebutkan Class Speed Rating yang Anda inginkan. Untuk smartphone entry level dan MP3 player, mungkin Class 2 sudah cukup bagus, tetapi untuk kamera DSLR ataupun Camcorder, maka Class rating 10 atau UHS yang paling cocok untuk mendapatkan hasil gambar dan video yang terbaik. (Tedi)

Baca juga artikel:

Oppo U3, Jegal Zenfone Zoom dengan 4X Zoom dan Octa Core

Daftar Smartphone yang Akan Masuk ke Tanah Air di 2015

Ini Perbedaan dan Cara kerja Layar Sentuh Kapasitif dengan Resistif

Artikel Lainnya

Komentar