Agar Touchscreen Ponsel Anda Awet, Lakukan Hal Berikut

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 14 Jan 2015 | 11:51

Semua smartphone masa kini telah menggunakan touchscreen dan semua orang dipastikan bisa mempergunakan layar sentuh ini dengan sangat mudah. Namun apakah Anda tahu cara merawat layar sentuh pada ponsel Anda tersebut? Mungkin sebagian orang akan menjawab tahu karena memang pada dasarnya merawat layar sentuh secara umum hanyalah sebagai berikut:

  • Lapisi dengan screen protector (plastik / tempered glass)
  • Jangan sampai basah
  • Jangan ditekan kuat-kuat
  • Jangan ketumpahan cairan apapun

Namun penjagaan layar sentuh tersebut masih kurang, buktinya dalam beberapa bulan layar sentuh Anda pasti sudah tergores. Untuk menjaga agar layar sentuh ada tetap mulus, selain melakukan poin-poin di atas, lakukan pula yang berikut ini.

Jangan dekatkan pada magnet

Jika Anda ingin layar sentuh ponsel Anda awet, jauhkan dari segala macam medan magnet seperti meletakkan ponsel di atas box speaker (apalagi langsung di atas speaker), jauhkan dari segala macam bentuk kumparan seperti stavolt dengan servo, dan didekat mesin-mesin besar yang mengeluarkan medan magnet. Medan magnet bisa dengan mudah merusak layar ponsel Anda dan membuat bocor warna pada LCD-nya (muncul gambar seperti pelangi atau titik pixel yang lebih terang atau bahkan hitam).

Jangan diletakan pada kantung celana jeans

Kebiasaan Anda adalah membawa perangkat dengan diselipkan pada saku belakang atau depan celana jeans. Celana jeans yang ketat dan tidak melar berpotensi merusak layar smartphone Anda saat selipkan. Belum lagi jika Anda duduk tanpa mengeluarkan perangkat tersebut, bisa-bisa perangkat Anda bengkok seperti  yang terjadi pada iPhone 6. Selain itu kotoran dalam kantung, seperti debu dan butiran pasir berpotensi menggores layar.

Jangan dicampur dengan benda tajam

Jika Anda membawa smartphone Anda di tas, usahakan dimasukkan pouch atau kantung dulu sebelum dimasukkan ke dalam tas, karena biasanya di dalam tas ada banyak benda lancip seperti kunci pintu, kunci mobil, pemotong kuku, pulpen, uang logam, dan bahkan bagian belakang dari aksesoris tas tersebut yang biasanya lancip.

Jika dicampur, jelas tidak saja layar Anda yang tergores, body smartphone Anda juga akan tergores. Oleh sebab itu sebaiknya Anda membeli tas tersendiri untuk menyimpan smartphone atau melapisi smartphone Anda dengan leather jacket atau case. (Tedi)

Baca juga artikel:

Kenali Sensor Pada Smartphone Anda

Snapdragon 810 Bermasalah, Smartphone Premium LG dan Samsung

Aldo T33, Android Lokal 7 Inci Rp700an Ribu

Fang Trinity, Gaming PC Super Tangguh Bertampang Unik

Tipe-tipe RAM DDR yang Digunakan pada Komputer

Artikel Lainnya

Komentar