Cara Buat Koneksi Internet Makin Cepat dan Efisien di Android

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 01 Jan 2015 | 08:34

Sudah bisa dipastikan bahwa semua smartphone pasti mempunyai koneksi internet. Jika sebuah smartphone tidak bisa mengakses internet, berarti itu adalah sebuah stupidphone. Namun yang sering menjadi masalah diberbagai perangkat smartphone adalah koneksi internet yang tidak maksimal.

Di sini kita tidak membicarakan kualitas jaringan atau provider, namun kemampuan perangkat dalam mengakses internet secara cepat dan efisien. Diasumsikan kualitas jaringan dalam kondisi bagus, namun perangkat Anda super lelet dalam mengakses suatu website, maka berikut solusinya.

Pertama, Anda bisa membuat koneksi internet cepat dan efisien dengan browser Chrome. Ada banyak browser di luar sana yang menawarkan kecepatan, namun hanya Chrome yang bisa Anda seting secara manual untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Caranya, masuk saja pada Setting di Chrome kemudian cari Bandwidth Management. Jika setting masih OFF, ubahlah menjadi ON. Hal ini akan mengakibatkan browser mengompres page website yang hendak Anda akses dengan merapikan kode-kode dan juga menurunkan kualitas gambar agar cepat loadingnya. Jangan khawatir, gambar tersebut tetap jelas terlihat walau telah dikompres.

Kedua, jika masih belum puas dengan kecepatan pada tips pertama, tulis Chrome://flags/ pada omnibox (tempat Anda menulis alamat website), setelah itu Anda akan mendapati layar Chrome menampilkan berbagai kode fungsi. Carilah kode #max-tiles-for-interest-area dan ganti pengaturan dari ‘Default’ menjadi ‘512’.

Tips kedua ini agak menyedot RAM, jadi Anda yang mempergunakan RAM 1 GB seperti pada Zenfone 4, sebaiknya dipertimbangkan lagi cara yang kedua ini, namun kecepatan yang Anda dapatkan akan bertambah signifikan.

Ketiga, masih tidak puas dan  ingin kecepatan yang ekstrim, cari kode #enable-spdy4a2 yang akan membuat Chrome di perangkat Anda memanfaatkan struktur / protokol Google yang akan menambah speed koneksi karena Google mempunyai sumber daya server yang hampir tak terbatas. Namun, cara ketiga ini berpotensi menguras kuota koneksi Anda karena kecepatan akses yang sangat cepat.

Jadi silahkan pilih tips mana yang akan Anda pergunakan untuk perangkat Anda? (Tedi)

Baca juga artikel: 

LG G3 A, Siap Menggebrak Pasar Android

HTC Hima Alias HTC One M9, Suksesor M8 dengan Kamera 20,7 MP 

Asus Code Name Z007 Segera Menyusul X002

Artikel Lainnya

Komentar