Z Device Test: Cara Cari Tahu Kondisi Hardware Android Anda

Oleh Alena Yulitta on Minggu, 28 Des 2014 | 08:00

Jaman sekarang siapa sih yang tidak punya Android? Namun tentunya saat membeli Anda tidak ingin tertipu bukan? Karena sudah banyak perangkat palsu yang sangat mirip aslinya, sebut saja beberapa diantaranya adalah jiplakan dari Samsung Galaxy S5 yang diberi embel-embel king copy atau super copy.

Bukan hanya itu, masih banyak perangkat lain yang dibuat tiruannya yang tentu saja mutunya jauh di bawah perangkat yang asli. Nah, untuk membantu Anda mengecek informasi spesifikasi asli perangkat tersebut atau Anda hanya iseng ingin lihat spesifikasi asli perangkat Anda, coba pakai Z Device Test.


Aplikasi ini bisa di download dari Google Play dengan mudah dan cepat karena berukuran kecil. Dengan mengaktifkan aplikasi ini maka Anda akan terbebas dari tipu-tipu penjual yang memalsukan spesifikasi smartphone, terutama ponsel-ponsel lokal yang biasanya tidak lengkap dalam mencantumkan spesifikasi di kardusnya. Setelah diaktifkan maka hal-hal yang bisa di cek antara lain adalah:

Kamera : Dengan Z Device Test Anda bisa mengetahui berapa besaran resolusi yang disandang kamera depan dan belakang, beserta fitur-fitur yang disematkan padanya, seperti auto fokus, HDR, panorama OIS, dan lain sebagainya.

GPS : Aplikasi ini bisa melakukan test pada fitur GPS ponsel Anda dan memberikan informasi tentang tingkat akurasi yang dimiliki GPS tersebut untuk mengunci sebuah lokasi dan akurasi GPS secara keseluruhan

WiFi : Dengan aplikasi ini kualitas WiFi akan terukur dengan detail, baik kemampuan WiFi di perangkat Anda maupun jaringan yang saat tersebut sedang aktif.

Bluetooth : Jika fitur Bluetooth di perangkat Anda rusak, maka Z Device Test akan bisa mendeteksinya dengan cepat dan memberikan Anda saran solusi.

Jaringan SIM Card : Dengan aplikasi yang sama, jaringan yang dipergunakan oleh perangkat Anda akan ditampilkan dengan detail, apakah jaringan GSM atau CDMA, termasuk frekuensi yang dipakai dan jenis pita (GSM, 2G, 3G, 3,5G, 4G LTE).

Accelerometer : Jika sensor getaran dan kecepatan Anda rusak, maka aplikasi Z Device Test akan mendeteksinya.

Touchscreen : Dengan aplikasi Z Device Test maka Anda akan tahu berapa jumlah maksimal touch yang bisa dilayani oleh layar, fitur presisinya, dan banyak lagi, namun khusus untuk pengetesan touchscreen ini smartphone Anda harus di-root dulu.

Anda ingin mencoba mengetes perangkat Anda? Download aplikasinya sekarang.  (Tedi)

Baca juga artikel:

Xplore Bobcat, Tablet Seharga Rp23 Juta Ber-OS Windows

Sony Xperia Z2A Manjakan Pengguna Dengan Kamera 20 MP

Asus Siapkan Satu Smartphone Dengan Tiga Kamera

Artikel Lainnya

Komentar