Belajar Kriptografi dengan Aplikasi Criptoy

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 17 Des 2014 | 12:20

Apakah Anda sering menonton film action yang melibatkan aksi pemecahan kode ala mata-mata?. Mungkin Anda akan langsung berpikir jika hal itu amat sulit untuk dilakukan. Sebenarnya tidak. Dengan melatih otak sejak dini, teknik enskripsi dapat dipelajari dengan mudah.

Bagi para pengguna Android versi 4.1, kini tersedia aplikasi Criptoy. Aplikasi ini amat berguna untuk Anda yang ingin belajar kriptografi. Government Communications Headquarters (GCHQ) Inggris merilis aplikasi ini untuk mencari “benih-benih” yang kelak akan menjadi pakar kriptografi.

Aplikasi gratis dan edukatif GCHQ ini sebenarnya diperuntukkan bagi para murid usia remaja untuk mempelajari kriptografi dengan cara yang menyenangkan. Namun, target pengguna aplikasi ini tak terbatas untuk usia dini mengingat siapapun bisa menggunakannya untuk berlatih.

Awalnya, GHCQ mengembangkan aplikasi ini untuk proyek tes pada festival sains Cheltenham. Berkat antusiasme para guru saat itu, aplikasi ini akhirnya dikembangkan untuk pubik sehingga siapa saja bisa menggunakannya.

Agensi pengembang aplikasi tersebut menjelaskan bahwa contoh-contoh kriptografi yang ditampilkan pada Criptoy datang dari era lama. Namun, mereka tetap relevan dengan teknik enskripsi saat ini.

Dengan Criptoy, Anda akan dilatih untuk memahami teknik enskripsi dasar. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan matematika dan cyber. Kedua kemampuan tersebut kelak akan berguna untuk menjaga keamanan cyber di era digital yang terus tumbuh ini.

Berdasarkan lansiran dari Wired, Robert Hannigan selaku Direktur GCHQ menggambarkan Criptoy sebagai cara interaktif untuk mengeksplor kriptografi. Aplikasi ini juga didesain dengan tampilan menarik dan warna-warni untuk membuat Anda tak jenuh kala berupaya memecahkan kode di aplikasi ini.

Aplikasi tersebut berupaya untuk menunjukkan jika membobol desain kriptografi itu amat memungkinkan lewat sejumlah latihan yang diberikan.

Dikutip dari situs resmi GCHQ, Manajer Program Sekolah, Brian Higgins, telah mengamati penggunaan aplikasi itu pada sejumlah murid di Inggris. Menurutnya, aplikasi tersebut amat bagus karena mencakup segala aspek di permainan dan kompetisi di bidang kriptografi.

“Saya pasti akan memasukkan Criptoy ke Program Tantangan Cyber Sekolah, termasuk stage kompetisi permainan cyber,” ujarnya.

Saat ini, aplikasi Criptoy bisa diunduh di tablet Android. Para pengguna iPhone dan iPad juga dapat menikmati aplikasi ini di perangkat mereka pada 2015 mendatang. (Rani)

Baca juga artikel:

Empat Laptop Berprosesor AMD Terbaik
Advan Signature S5X+, Ponsel Lokal Rasa Premium
Asus Zenbook UX305, Laptop Papan Atas Dengan Core M Broadwell dan qHD
“The Machine”, Komputer Jenis Baru Besutan HP

 

Artikel Lainnya

Komentar