Aplikasi Top untuk Atasi Sulit Tidur

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 17 Des 2014 | 11:51

Apakah Anda kerap mengalami kesulitan untuk tidur? Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah yang cukup mengganggu ini, seperti stress atau asupan kafein yang berlebih. Faktor-faktor tersebut akan menghambat Anda mendapatkan tidur berkualitas.

Gangguan tidur tersebut bisa menimbulkan banyak masalah di keesokan hari. Kini hadir sejumlah aplikasi yang bisa menjadi patokan untuk menganalisa kualitas tidur Anda dan membantu Anda memecahkan masalah Anda. Tertarik untuk memilih aplikasi yang tepat untuk Anda? Simak daftar aplikasi top berikut:

Sleep Cycle

Ada banyak hal yang dilakukan aplikasi ini untuk membantu Anda menilai kualitas tidur Anda. Sleep Cycle dibekali dengan berbagai fitur seperti smart alarm. Anda juga dapat memasukkan info detil terkait gaya hidup Anda untuk membantu aplikasi ini dalam memberikan data akurat.

Cara kerja Sleep Cycle adalah dengan merekam gerakan-gerakan yang Anda lakukan kala tidur. Gerakan tersebut bisa dipakai untuk mengukur tingkat kelelapan tidur Anda. Bahkan, jika Anda bergerak kurang dari jumlah wajar, aplikasi ini akan memberikan peringatan.

Data-data yang ditampilkan Sleep Cycle akan menunjukkan pola tidur Anda. Dengan analisa yang didapat dari data aplikasi ini, Anda bisa mulai membentuk pola aktivitas yang bisa membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas. Tersedia pula suara background yang bisa membuat Anda terlelap.

Sleep Better with Runtastic

Aplikasi ini pada dasarnya mengukur tidur Anda dan memberikan gambaran informasi mengenai porsi istirahat Anda. Dengan mengaktifkan aplikasi ini dan meletakkan smartphone Anda di dekat bantal, Sleep Better with Runtastic akan bekerja untuk mengukur waktu istirahat Anda.

Dengan accelerometer, aplikasi ini akan merekam pergerakan yang Anda lakukan ada malam hari. Untuk membuat Sleep Better with Runtastic bekerja lebih optimal, Anda diharapkan untuk "melaporkan" mengenai asupan kafein, olahraga hingga hari yang memberatkan dengan menyentuh tombol tertentu yang disediakan pada aplikasi tersebut.

Pada Sleep Better with Runtastic, Anda juga bisa menggambarkan mimpi Anda, baik mimpi menyenangkan maupun buruk, dengan ikon yang tersedia. Data-data yang didapat aplikasi akan menjadi bahan analisa Anda untuk mengetahui kualitas istirahat Anda.

White Noise

Aplikasi ini berfungsi sebagai perangsang tidur. White Noise menyediakan berbagai suara background untuk membantu Anda tidur lelap. Dengan versi Pro seharga $2, Anda bisa menggabungkan beberapa suara sekaligus untuk memberikan efek yang lebih ampuh. Salah satu kombinasi terbaik adalah suara gemuruh petir dan hujan deras.  (Tedi)

Baca juga artikel:

Empat Laptop Berprosesor AMD Terbaik

Advan Signature S5X+, Ponsel Lokal Rasa Premium

Asus Zenbook UX305, Laptop Papan Atas Dengan Core M Broadwell dan qHD

“The Machine”, Komputer Jenis Baru Besutan HP

Artikel Lainnya

Komentar