Error Google Play Store dan Solusinya Part II

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 16 Des 2014 | 15:18

Pada artikel sebelumnya kita sudah mengenal beberapa jenis error yang terjadi ketika akan mengunduh aplikasi atau game di Google Play. Berikut beberapa hal lainnya yang juga perlu Anda ketahui agar dikemudian hari Anda bisa mengatasi permasalahan yang terjadi.

Muncul Pesan Google Play – Error 923

Hal ini berarti Anda tidak bisa download karena ada error saat syncing akun Google Anda atau karena keterbatasan Cache Memory. Solusinya cukup mudah yaitu dengan menghapus akun Google Anda dan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak pernah Anda pergunakan yang menghabiskan memori.

Selanjutnya silahkan restart perangkat Anda pada Recovery Mode, pilih Wipe Cache Partition dengan tombol volume dan tombol power, dan restart kembali perangkat Anda seperti biasa. Kemudian masukkan akun Google Anda kembali.

Muncul Pesan Google Play – error 492

Hal ini berarti Anda tidak bisa menginstal sebuah aplikasi karena Dalvik cache. Solusinya adalah dengan masuk ke Setting – Apps manager dan cari Google Service. tap pada Clear data dan Force Stop, lakukan hal yang sama pada aplikasi Google Play Store. Jika masalah tidak terselesaikan, cobalah hapus Dalvik Cache dengan cara masuk ke Custome Recovery Mode (hanya jika Anda punya akses ke ROOT).

Bisa juga dengan Factory Reset (hati-hati, semua data Anda akan terhapus, pastikan Anda membuat back up seperlunya).

Muncul Pesan Google Play – Error 927

Hal ini berarti Anda tidak bisa mendownload aplikasi karena Google Play Store sedang diupdate. Solusinya sangat mudah yaitu tunggu saja beberapa menit sampai proses upgrade selesai.  Jika setelah beberapa menit masalah tetap ada, bersihkan data pada Google Service dan Google Play Store dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya dan ikuti dengan Force Close.

Muncul Pesan Google Play Install Error 961

Masalah ini terjadi saat Anda menginstal aplikasi Android dari Play Store. Solusi pertama adalah klaim Refund dari Play Store. Hal ini dapat Anda lakukan maksimal 15 menit setelah pembelian, jika sudah lebih dari itu, tidak bisa refund. Cara refund sangat mudah yaitu masuk ke Paly Store dan klik Repayment. Kemudian masuk ke Setting perangkat Anda dan pilih Application Manager. Cari Google Play dan bersihkan cachenya. Jika masalah masih ada, delete Data. (Tedi)

Baca juga artikel:

Error Google Play Store dan Solusinya Part I  

Indosat Luncurkan ATM Dompetku QNB

“The Machine”, Komputer Jenis Baru Besutan HP

Jelang Natal, iPod Classic Kian Diburu

 

Artikel Lainnya

Komentar