Error Google Play Store dan Solusinya Part I  

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 16 Des 2014 | 14:22

Seperti diketahui, pengguna smartphone Android terus berkembang. Namun tak sedikit pula kasus atau masalah yang timbul pada perangkat tersebut. Salah satunya ialah mengalami error ketika ingin mengunduh aplikasi atau game di Google Play. Masalah ini kadang membingungkan banyak pengguna Android yang awam. Penyakit ini juga kadang menjangkiti seri Zenfone milik Asus., seperti Zenfone 4. Zenfone 5, Zenfone 6. Jadi langsung saja tengok jenis error yang terjadi dan solusinya.

Muncul Pesan Google Play – Error 491

Hal ini berarti Anda tidak bisa download dan update. Solusinya adalah dengan menghapus akun Anda pada perangkat Zenfone tersebut dengan masuk ke Setting – Account – Google.

Tap pada Remove Account. Restart smartphone Anda dan masukkan lagi akun (email) Anda tadi. Berikutnya masuk ke Setting – Application Manager, cari Google Service dan tap pada clear data dan kemudian tap pada Force Stop. Kembali ke layar utama dan klik kembali ikon Google Play Store.

Muncul Pesan Google Play - Error 498

Hal ini berarti ada interupsi pada proses download dari Google Play Store. Solusinya mudah karena masalah ini seringkali disebabkan karena cache perangkat yang penuh. Delete beberapa aplikasi dan file yang tidak Anda butuhkan atau gunakan AVG Cleaner untuk membersihkan cache. Langsung coba download lagi atau bisa restart perangkat dulu.

Muncul Pesan Google Play – Error 919

Hal ini berarti proses download selesai, namun tidak bisa terbuka karena tidak ada space yang cukup, solusinya delete beberapa data yang cukup besar seperti video, musik, foto dan aplikasi dengan jumlah data besar. Hal ini akan memberikan space yang cukup bagi perangkat untuk membuka dan menginstal aplikasi yang baru saja Anda download.

Muncul Pesan Google Play – Error 413

Hal ini berarti Anda tidak bisa mendownload dan update apllikasi Anda. Masalah seperti ini biasanya disebabkan karena penggunaan proxy pada perangkat Android Anda. Solusinya mudah saja, yaitu masuk ke Application Manager dan cari Google Services. Tap pada Clear Data dan juga pada Force Stop. Ulangi hal yang sama pada Google Play Store dan bersihkan juga Cache dari browser Anda.

Muncul Pesan Google Play – Error 921

Hal ini berarti Anda tidak dapat mendownload aplikasi apapun. Solusinya adalah dengan menghapus cache pada Google Play Store seperti dijelaskan di atas dan jika masih tidak bisa juga, hapus semua Google Play Store Application Data. Jika masalah masih, hapus akun Anda, restart dan masukkan kembali akun tersebut.

Muncul Pesan Google Play – Error 403

Hal ini berarti Anda tidak bisa mendownload dan request Anda “Forbidden”. Hal ini karena ada dua akun Google yang dipergunakan pada satu perangkat Zenfone atau satu smartphone yang sama. Solusinya adalah dengan menggunakan satu saja akun untuk mengunduh. Caranya masuk ke Google Play Store dengan akun utama dan kemudian hapus akun kedua yang ada dalam list.

Solusi kedua dengan cara membersihkan proxy yang kemungkinan Anda pergunakan dengan cara masuk ke setting dan pilih Wireless and Networks dan kemudian tap Mobile Network. Pilih APN dan tap Clear Proxy. Jika nanti Anda butuh proxy lagi, bisa Anda instal kembali.

Solusi ketiga dengan cara membersihkan seluruh Search History. Hal ini bisa dilakukan dari menu Google Play Store dengan memilih menu Setting dan tap pada Clear Search History.

Solusi keempat dengan cara membuat satu lagi akun Google. Masuk ke Google Play dan pilih tombol menu. Pilih tombol Accounts dan pilih New Gmail Account kemudian reinstall aplikasi tersebut. Jika masalah Anda masih ada cek kembali koneksi internet Anda dan pastikan Anda mempunyai cukup kuota dan kecepatan  internet yang stabil untuk melakukan pembelian.(Tedi)

Baca juga artikel:

Error Google Play Store dan Solusinya Part II 

“The Machine”, Komputer Jenis Baru Besutan HP

Wah, Sekarang Video di YouTube Bisa Ditonton Tanpa Jaringan Internet

Artikel Lainnya

Komentar