Langkah Ini Selamatkan Smartphone Anda Dari Virus

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 08 Des 2014 | 16:04

Semakin banyaknya pemakai sistem operasi Android ternyata juga menimbulkan ancaman besar bagi sistem operasi itu sendiri. Ancaman yang dimaksud adalah terinfeksinya sistem oleh malware atau "malicious software".

Apa itu Malware?  Malware merupakan suatu program yang umumnya dibuat oleh pelaku cybercrime untuk merusak sebuah sistem ataupun untuk mencuri data para pengguna sistem operasi tersebut. Malware ini dulu sangat rentang menyerang sistem operasi Windows. Kini, malware pun mewabah ke “dunia” Android.

Sebenarnya, malware juga menyerang iOS, tetapi penyerangan ke sistem Android lebih rentan dibandingkan ke iOS. Karena itu, Anda sebagai pengguna Android sebaiknya menjaga atau mencegah malware menyerang. Jika malware sudah masuk, maka siap-siap Android Anda akan mengalami gangguan seperti penurunan performa, boros baterai, dan hal-hal buruk lainnya. Untuk itulah diperlukan langkah-langkah pencegahan agar malware tidak menyerang sistem. Langkah-langkah yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

Instal Aplikasi Anti-Malware

Salah satu pencegahan penting agar smartphone Android Anda aman adalah dengan menginstal aplikasi anti-malware. Aplikasi ini merupakan proteksi paling ampuh dari serangan malware, terutama malware yang mengirimkan pesan undian atau promo situs-situs dewasa yang berbahaya. Ada banyak aplikasi anti-malware yang bisa Anda  instal, contohnya : Lookout,  AVG, dan Avast. Anda bisa menginstal salah satunya.

Hapus Riwayat Browsing

Ketika Anda melakukan browsing dan login akun media sosial, akun forum, dan sebagainya, browser biasanya akan menyimpan hal ini (cache). Tidak ada yang salah dengan hal ini sebenarnya. Tetapii ada baiknya, Anda  hapus cache tersebut dengan cara menghapus riwayat penjelajahan internet. Pasalnya, tidak sedikit pelaku siber kriminal yang mengambil data ini dari smartphone Anda.  Dan kemungkinan besar mereka akan menyusupkan malware ke akun Anda.

Instal Aplikasi Terpercaya

Di toko aplikasi Android, termasuk Google PlayStore, ada banyak aplikasi yang abal-abal. Tidak menutup kemungkinan aplikasi tersebut menyimpan malware. Karena itu, berhati-hatilah menginstal aplikasi. Periksalah terlebih dahulu aplikasi yang diinstal. Misalnya dengan mengecek pengembang aplikasi tersebut. Jika pengembangnya tidak terkenal dan aplikasi yang diinstal tidak banyak manfaatnya, sebaiknya Anda patut curiga.  Hal yang sama juga berlaku ketika Anda menginstal aplikasi dari sumber di luar Google PlayStore.

Sebaiknya Tidak Lakukan Rooting

Pencegahan ini sebenarnya disarankan kepada Anda yang tidak terlalu paham dengan root. Pasalnya root memungkinkan Anda untuk memiliki akses Superuser ke beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak diizinkan. Tidak menutup kemungkinan malware masuk dengan mudah ke smartphone yang sudah di-rooting. (Tedi)

Baca juga artikel:

G3 Beri Keuntungan LG Electronics Hampir 2 Triliun

Ragnarok: Path of Heroes, Nostalgia dengan MMORPG dari Line

Sulit, Bertransaksi dengan Apple Pay di McDonald’s  

Cara Asyik Ajari Anak Belajar Alfabet

2015, iPhone 4 Inci Dimungkinkan Rilis

 

Artikel Lainnya

Komentar