Cara Asyik Ajari Anak Belajar Alfabet

Oleh Nadia Maharani on Senin, 08 Des 2014 | 09:55

Apakah Anda kerap mengalami kesulitan dalam mengajari anak Anda belajar alfabet? Mungkin sudah saatnya Anda mengganti metode pembelajaran Anda dengan cara yang lebih menarik. Pada usia dini, anak-anak cenderung lebih suka untuk menghabiskan waktu mereka untuk bermain.

Rasa ingin tahu mereka lebih besar daripada keinginan mereka untuk belajar. Itu sebabnya, Anda bisa memanfaatkan rasa keingintahuan mereka untuk mengajari mereka hal-hal baru dengan menggunakan aplikasi Android yang bisa Anda unduh di Google Playstore.

Mengajari anak tentang alfabet memang amat menantang. Tak semua anak mau menirukan maupun mengingat apa yang tengah Anda ajarkan. Namun, jangan khawatir, banyak developer yang memahami karakteristik anak sehingga aplikasi yang dikembangkan sangat efektif dalam menarik perhatian anak.

Grafik yang menarik dan penuh warna, karakter yang lucu hingga lagu yang ceria menjadi “bumbu penyedap” dalam pembuatan aplikasi belajar alfabet. Dikombinasikan dengan metode belajar yang dibungkus dalam sebuah permainan, anak Anda dijamin akan belajar tanpa ada rasa terpaksa. Berikut adalah tiga aplikasi Android menarik yang bisa Anda install di smartphone Anda:

Kids ABC Letter Train

 

Permainan buatan Intellijoy yang satu ini amat cocok untuk anak usia 2 – 7 tahun. Pada versi lite (gratis), anak Anda akan diajari untuk mengikuti garis berupa track kereta api yang membentuk salah satu huruf berikut pelafalannya. Cara ini amat efektif untuk mengajari Anda mengenal alfabet sekaligus menulisnya. Untuk versi lengkapnya, anak Anda bisa bebas memilih beberapa mode permainan yang tersedia dengan membayar sebesar Rp36.000.

Educational Games for Kids

Aplikasi gratis buatan Zodinplex ini menawarkan beberapa pilihan mode permainan dimana pengenalan terhadap alfabet adalah salah satunya. Anak Anda bisa belajar alfabet sekaligus contoh kata yang diawali dengan huruf tersebut. Aplikasi ini juga menyediakan permainan lain untuk mengenal angka, bentuk dan obyek lainnya.

ABC PreSchool Playground Free

 

Tampilan aplikasi yang satu ini cukup sederhana. Sound House LLC sebagai pengembang aplikasi ini menggunakan warna-warna cerah untuk menarik perhatian anak. Untuk metode pembelajarannya, anak Anda bisa memilih mode alfabet dimana terdapat bentuk huruf dengan garis patah-patah. Anak Anda bisa menghubungkan garis tersebut untuk membentuk huruf dengan “pensil” berwarna-warni. Ada pula permainan mencocokkan gambar pada permainan yang bebas diunduh tanpa biaya ini. (Tedi)

Baca juga artikel:

Hp ini Memungkinkan Anda Gonta-ganti Komponen Layaknya Puzzle 

Woow, Lumia 1030 McLaren Kameranya 50 MP

Android OPPO R8207 Masih Misteri di Chipset

 

Artikel Lainnya

Komentar