Lupa Pin, Password atau Pattern Screen Lock Zenfone 5? Ini Solusinya

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 02 Des 2014 | 13:34

Hampir semua smartphone Android mempunyai fitur pengunci pada screen yang melindungi penggunaan ponsel oleh pihak lain secara tidak bertanggung jawab. Pada ponsel premium seperti Note 4, screen lock hanya bisa dibuka dengan fingerprint alias sidik jari.

Pada LG dibuka dengan irama ketukan jari, ada juga yang menggunakan Face Recognition dan juga Voice Recognition. Namun yang paling banyak dipergunakan adalah password, pin, dan juga Pattern Screen lock, termasuk pada Asus Zenfone 5 yang dijual seharga 2 jutaan di Indonesia.

Nah, sebagai manusia, tentunya kita tidak akan luput dari lupa. Kadang kala kita bisa saja lupa akan password, pin atau pattern lock pada smartphone Zenfone Anda dan pada perangkat mobile lain. Nah jika kejadian ini terjadi pada Anda, jangan panik karena hal  yang sama bisa saja terjadi pada semua orang.

Jika hal ini terjadi pada Anda, duduklah dengan rilex dan coba ingat-ingat apa isi jawaban dari pertanyaan atau password serta pin yang Anda pergunakan. Biasanya pengguna smartphone cenderung mempergunakan hal-hal penting sebagai password seperti tanggal nikah, ultah, beberapa digit terakhir ponsel, nama pasangan, nama anak, dan sebagainya.

Anda bisa mencoba beberapa kali, jangan takut karena salah beberapa kali hanya akan membuat perangkat Anda freeze beberapa detik saja, setelah itu Anda bisa mencobanya lagi sampai berkali-kali. Jika usaha Anda masih gagal masih ada cara yang lain yang bisa Anda lakukan, simak tips berikut ini.

Pada Asus Zenfone 5 (dan mungkin juga hampir semua Android) Anda bisa membuka perangkat yang kelupaan password dengan cara yang sangat sederhana dan sangat mudah. Anda masih ingat email Gmail yang Anda pergunakan untuk mengaktivasi Asus Zenfone 5 pertama kali Anda memakainya? Email ini akan menjadi dewa penolong Anda.

Caranya, masukkan password yang salah tadi beberapa kali sampai smartphone menjadi freeze selama 30 detik, pada saat ini Anda akan melihat menu Forgot Password/Pattern.

Tap saja dan jawaban password Anda akan dikirim ke email. Silahkan buka email dari perangkat lain dan coba lagi. Namun jika Anda tidak bisa membuka email yang didaftarkan, maka pilihan Anda hanyalah hard reset yang telah diulas di Pricebook.co.id. (Tedi)

Baca juga artikel:

Harga Murah IMO Buzz Smartphone Berlayar 5 inch, Cuma Rp849ribu

Android One Besutan Evercoss dan Mito Bersaing di Awal 2015

HTC Desire 620, Smartphone 64-bit Berkamera Depan 5 MPi

 

Artikel Lainnya

Komentar