Cara Hard Reset I Asus Zenfone 5

Oleh Alena Yulitta on Senin, 01 Des 2014 | 10:11

Pada artikel yang lalu telah dibahas cara-cara mengatasi Zenfone 5 yang nge-hang, freeze, serta layar menjadi kotak-kotak dengan cara soft reset dan force reset. Namun tetap saja ada masalah yang bandel dan terus terjadi berulang-ulang, bahkan setelah Anda menghapus aplikasi dan juga cache dari Zenfone 5 Anda.

Jika sudah demikian, bisa dipastikan Anda pusing karena tidak tahu lagi harus bagaimana untuk mengatasi permasalahan ini. Yang paling sering dilakukan pengguna ponsel jika mengalami masalah yang seperti ini, mereka langsung ke service center dan mengklaim garansi, atau malah ke counter HP dan meminta smartphone Anda diperbaiki.

Hal ini sangat merugikan Anda, tidak saja Anda harus membayar biaya service yang tentunya tidak murah, segel perangkat rusak (garansi resmi Anda hilang dan harga jual kembali turun), dan belum tentu masalah Anda tuntas.

Oleh sebab itu lebih baik Anda melakukan hard reset sendiri. Selain cara ini mudah, juga tidak merusak segel, tidak perlu membayar service dan kemungkinan besar akan mengatasi permasalah yang ada pada Zenfone 5 karena setting dikembalikan ke awal, pada saat Anda pertama kali membeli perangkat ini.

Jadi sistem operasi smartphone Anda bisa dikatakan baru, kalau di analogikan dengan komputer, hard reset adalah install ulang sistem operasi dengan yang fresh.

Hard reset Zenfone 5 bisa dilakukan jika perangkat Anda masih berfungsi dan berikut langkah-langkahnya:

Pastikan Zenfone 5 Anda telah di-charge penuh baterainya. Hal ini penting untuk mencegah proses  reset yang terhenti karena baterai low. Hal ini berbahaya karena bisa saja Zenfone 5 Anda tidak akan bisa digunakan lagi.

Setelah selesai, hidupkan Zenfone 5 Anda, kemudian backup semua data-data penting Anda, seperti foto, video, daftar kontak, pesan-pesan penting, dan file-file lain yang sekiranya Anda masih pergunakan lagi.

Ini yang paling penting, masuk ke menu Setting > Backup & Reset >factory Data Reset > reset Phone.  Pilih opsi Erase Everything dan tekan OK untuk konfirmasi. Format Zenfone 5 telah berjalan dan akan restart dengan sendirinya jika sudah selesai. Selamat mencoba. (Tedi)

Baca juga artikel:

HTC Desire 620, Smartphone 64-bit Berkamera Depan 5 MP

Pakai CyanogenMod, Ini Tiga Keunggulannya!

Inilah Empat Vendor Lokal Yang Memiliki Pabrik Sendiri di Indonesia

 

Artikel Lainnya

Komentar