Haruskah Smartphone Anda Upgrade ke Lollipop? Bagaimana Caranya?

Haruskah Smartphone Anda Upgrade ke Lollipop? Bagaimana Caranya?

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 23 Jun 2016 | 18:32

Android Lollipop sudah mulai disebar dan yang beruntung pertama kali mempergunakan OS terbaru besutan Google in tentu saja Nexus family yang memang produksi Google.

Akhir-akhir ini dipastikan sebentar lagi semua perangkat yang bisa diupgrade ke Android 5 akan segera menerima pembagian update Android Lollipop ini secara gratis. Namun, yang menjadi masalah adalah tidak semua jenis dan merek smartphone akan bisa diupdate. Oleh sebab itu Anda harus memikirkan apakah benar-benar Anda akan mengupgrade perangkat Anda?

Tidak seperti Apple yang 100 persen mendapat update OS, pada Android tergantung kebijakan pabrik yang membuatnya. Sebagai contoh, hanya perangkat kelas premium buatan Samsung yang bisa diupgrade ke Android Lollipop, sisanya tidak.

Begitu juga dengan banyak vendor smartphone lain. Oleh sebab itu, langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah memastikan perangkat Anda kompatibel dengan Android Lollipop dan produk Anda mendukung upgrade OTA.

Semua produk Nexus dan Google Play Edition akan mendapat upgrade Android 5, kecuali Nexus 10. Dari lini Samsung, yang langsung mendapat upgrade adalah Samsung Galaxy 5 dan Galaxy Note 3 dan diikuti dengan Galaxy S4. Sementara Galaxy Note 4 akan langsung mendapat OS Lollipop begitu keluar dari pabriknya.

Dari lini HTC, yang akan mendapat upgrade Android Lollipop adalah HTC One M7 dan HTC One M8, untuk yang versi mini belum ada infonya. Dari Sony, yang beruntung bisa upgrade ke Android Lollipop adalah Sony Xperia Z1, Xperia Z2 dan Xperia Z3 dan seri yang lain menyusul. Dari vendor lain, seperti LG G 3 dan barisan produk Motorola akan mendapat upgrade juga seperti Moto X, Moto G, dan juga Moto E.

Jika smartphone Anda adalah salah satu yang disebut di atas, maka persiapkan perangkat Anda dengan mengecek ruang memorinya apakah mencukupi. Kemudian koneksi internet, baik kuota atau kekuatan signal, lebih baik Anda gunakan Wifi yang cepat untuk upgrade ini.

Kedua, back up dulu data Anda, antisipasi jika terjadi masalah saat proses upgrade berlangsung, dan mulailah upgrade. Namun sebelum Anda memutuskan untuk upgrade, ketahuilah bahwa perangkat Anda sudah pas dan sesuai dengan OS yang sekarang. (Tedi)

Baca juga artikel:
Jolla Tablet, Tablet Salfish OS yang Siap Menyaingi iPad Mini dan Nexus 9
Fujitsu Stylistic Q555, Laptop Multifungsi Dengan Spek Tinggi
Mengenal Nokia Z Launcher dan Keunggulannya

Artikel Lainnya

Komentar