Tujuh Cara Maksimalkan Android Lollipop Anda

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 18 Nov 2014 | 10:12

Baru saja menginstal Android Lollipop pada perangkat Anda? Atau masih menunggu daftar antrian upgrade Lollipop?. Bagi yang sudah menerima pembaharuan Android Lollipop simak beberapa tips yang Pricebook himpun, demi memaksimalkan penggunaan sistem operasi terbaru keluaran Google ini.

Flappy Android

Sudah menjadi kebiasan Google untuk menyisipkan easter egg ke dalam sistem operasinya. Dimulai dari Gingerbread, setiap rilisan Android memiliki Easter Egg-nya masing-masing. Namun kali ini Google memberikan perhatian khusus dengan membundel sebuah game sebagai easter egg.

Flappy Android yang merupakan tribute dari game populer Flappy Bird ini dapat Anda akses dengan membuka Settings > About Phone dan melakukan tap sebanyak empat kali pada versi Android. Setelah layar Lollipop muncul, tekan dan tahan pada gambar Lollipop beberapa saat untuk mengaktifkan game Flappy Android. Selamat menikmati!

Gmail Kini Bukan Hanya untuk Gmail

Ya, aplikasi pengelolaan surel (surat elektronik atau email) Gmail di Android kini dapat mengelola surel yang beralamat selain gmail.com. Anda dapat menambahkan surel apapun yang menggunakan IMAP/POP3 dan Microsoft Exchange.

Profil Tamu

Seringkali teman atau kolega meminjam ponsel Anda untuk mengirim surel atau sekedar mengecek Facebook miliknya, dan seringkali Anda harus melakukan login kembali ketika mereka telah selesai. Untungnya dengan fitur guest profile ini, mereka dapat melakukan hal tersebut tanpa mengganggu konfigurasi login milik Anda sendiri. Pengaturannya dapat dilakukan di Settings > Users.

Pencarian Pengaturan

Kini Anda dapat melakukan pencarian dalam menu Settings di Lollipop. Cukup tekan tombol kaca pembesar dan masukkan kata kunci dari pengaturan yang ingin Anda akses. Dengan semakin banyaknya pengaturan di Android setiap ada rilisan baru, fitur ini lumayan memudahkan bukan?

Membangunkan Smartphone dengan Tap

Jika perangkat keras yang dimiliki mendukung fitur ini, Anda dapat ‘membangunkan’ smartphone hanya dengan melakukan double tap pada layar sebagai alternatif dari menekan tombol power.

Membuka Kunci dengan Bluetooth

Google menambah satu lagi metode untuk membuka kunci smartphone Anda. Selain menggunakan password, pattern dan face unlock, kini Anda dapat menambahkan perangkat bluetooth ke dalam Settings> Smart Lock sebagai perangkat terpercaya,sehingga smartphone Anda akan membuka kuncinya begitu terkoneksi dengan perangkat tersebut.

Manajemen Baterai

Di jaman sekarang ketika sebagian besar orang tidak bisa dipisahkan lagi dari smartphone-nya, manajemen baterai perlu menjadi perhatian penting. Jangan sampai anda kehabisan baterai ketika sedang menunggu panggilan penting.

Karena itu, Lollipop menyediakan menu untuk melihat penggunaan baterai, baik saat sedang aktif digunakan maupun saat standby. Cukup pilih “Use Since Last Charge” di menu Battery Graph pada Settings. Lollipop juga akan menunjukkan waktu yang dibutuhkan hingga baterai selesai diisi ulang, yang akan ditampilkan secara otomatis pada saat Anda melakukan pengisian ulang. (Fajar)

Baca juga artikel:

Mengenal Prosesor MediaTek dan Keunggulannya

Samsung Flow, Jawaban Atas Fitur Continuity Dari Apple

Waspada! Malware Masque Attack Hantui Perangkat iOS

Artikel Lainnya

Komentar