Lupa Password LockScreen di Smartphone Android, Ini Cara Bukanya!

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 17 Nov 2014 | 13:46

 Pattern

Tidak sedikit pengguna perangkat Android yang menggunakan sistem keamanan kunci (password) berpola atau pattern. Penggunaan pola untuk mengunci smartphone ini dianggap lebih baik dibandingkan penggunaan password angka (PIN). Namun, tidak jarang penggunaan pattern ini juga sering membuat para pengguna Android lupa akan pola yang telah mereka buat. Alhasil, smartphone Android mereka tidak bisa terbuka.

Bila Anda mengalami hal tersebut, tidak usah khawatir. Anda bisa menggunakan kembali smartphone Anda dengan langkah-langkah sebagai berikut. 

  1. Jika Anda lupa password pola layar, maka Anda perlu memilih 'Forgot Pattern' yang berarti 'Lupa Password'. Untuk memilih pilihan ini, Anda harus memasukan pola pattern secara acak sampai lima kali. Setelah itu, kondisi smartphone Anda akan memasuki kondisi terblokir karena salah memasukan password.
  2. Saat kondisi terblokir itulah, Anda bisa memilih pilihan 'Forgot Pattern'
  3. Setelah itu, Google akan meminta Anda untuk meminta data berupa akun Google dan kata kunci akun Google tersebut.
  4. Setelah Anda memasukan kata kunci dengan benar, maka Anda bisa masuk ke smartphone Anda.
  5. Setelah itu, Anda bisa membuat pattern atau password pola yang baru. Kali ini pastikan Anda tidak melupakan pola yang dibuat.
  6. Anda bisa menulis pola password atau gambar dan simpan di tempat yang tidak terjamah orang. Anda juga bisa membuat pola tersebut dalam format digital dan menyimpannnya di draft e-mail.

Hal yang perlu diingat, bila Anda lupa kata kunci akun Google smartphone Anda, maka langkah yang bisa Anda lakukan adalah melakukan reset. Untuk melakukan reset ini, Anda harus masuk ke bagian setting dan memilih pilihan 'factory reset'.

Namun, jika Anda memilih pilihan ini, seluruh data berupa kontak, gambar, video, musik, aplikasi, dan data lainnya  akan terhapus. Karena itulah, backup data sangat diperlukan untuk menghindari kejadian seperti ini.(Tedi)

Baca juga artikel:

Samsung Gear VR Dengan Streaming Hadir Desember 2014

Microsoft Surface Pro 3 Terbaru, Lebih Dari Sebuah Tablet Tapi Bukan Laptop

LG memperkenalkan Aka, smartphone berkepribadian unik
 

Artikel Lainnya

Komentar