Jajal Fitur Privasi di BBM

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 22 Jul 2016 | 17:03

Beberapa hari lalu, BlackBerry merilis pembaruan BBM di semua platfrom. Sejumlah fitur baru disematkan pada aplikasi pesan instan ini. Salah satu yang utama adalah fitur privasi dimana pengguna diberikan kendali lebih terhadap komunikasi yang mereka lakukan. Fitur tersebut meliputi Message Retraction dan Time Messages.

Message Retraction

Fitur ini memungkinkan pengguna menghapus pesan dari layar percakapan BBM. Pengguna dapat melakukkannya sebelum maupun sesudah pesan tersebut dibaca oleh si penerima. Jadi ketika tidak sengaja berkata salah. Kita punya kesempatan untuk menarik pesan tersebut sehingga tidak menjadi masalah nantinya. Pesan yang ditarik tersebut akan digantikan sebuah catatan bertulisakan “Message Retracted”. Namun perlu diingat, fitur ini hanya bisa menarik pesan saja, sedangkan lampiran atau file transfer tidak dimungkinkan.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Cukup tahan pada pesan yang sudah terkirimkan. Seketika akan ada menu yang muncul di sisi kanan layar. Lalu tekan ikon jam. Seketika pesan akan digantikan dengan Message Retracted.

Time Messages

Memang tidak dapat dipungkiri, fitur satu ini mirip yang dimiliki Snapchat. Time Messages memungkinkan kita menentukan berapa lama pesan dan foto dapat dilihat di BBM. Pesan nantinya tidak akan terlihat sampai sang penerima menyentuh. Dan tidak dapat diakses kembali setelah waktu yang ditentukan habis atau si penerima tidak lagi menyentuh layar. Pengguna akan menerima notifikasi jika BBM mendeteksi penerima mengambil screenshot atau pesan yang dikirim.

Seperti Message Retraction, menggunakan Time Messages juga tidak sulit. Caranya, setelah mengetikkan pesan atau melampirkan file. Tekan ikon kotak jam yang ada di bar penulisan pesan. Akan muncul pilihan waktu, yakni 1, 3, 5, 10, 15 dan 25 detik. Setelah memilih waktu, tekan tombol Send untuk mengirim pesan.

Selain kedua fitur di atas, BlackBerry turut membawa fitur tambahan, yakni

  • High Quality Image Transfer

Saat menerima gambar di BBM, dengan segera kita dapat meminta versi HD agar dapat menikmati gambar dengan resolusi penuh.

  • Faster Sticker Selection

Pengguna semakin dimudahkan dalam mencari BBM Stickers serta menggunakannya di dalam percakapan.

- Discover New Music

Kita dapat melihat musik yang sedang didengarkan oleh kontak BBM. Kita pun dapat menunjukkan lagu yang tengah kita dengarkan. Khusus pengguna iPhone dapat membeli lagu dengan cepat dan mudah hanya dengan menekan lagu tersebut. Seketika secara otomatis akan masuk ke iTunes Store. (arf)

Baca juga artikel:

Cara Mudah Temukan BlackBerry 10 yang Hilang

Pre Order BlackBerry Passport Di Erafone

New BlackBerry Porsche P9982 Harganya Rp24 Juta?

Artikel Lainnya

Komentar