Lakukan Empat Hal Ini Maka Kamera DSLR Anda Akan Awet

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Rabu, 01 Okt 2014 | 15:18

Kamera DSLR sudah menjadi gadget yang tak terlalu asing dalam kehidupan modern saat ini. Banyak orang menggunakan kamera jenis ini untuk mengabadikan momen sehari–hari.

Namun, sayangnya tak semua pengguna kamera DSLR memahami cara merawat kamera dengan benar agar terhindar dari kerusakan dan tetap awet. Padahal, kamera memiliki komponen sensitive yang mudah rusak kalau tidak dirawat dengan benar. Berikut cara merawat kamera DSLR untuk pemula:

Menyimpan Kamera

Cara menyimpan yang baik dan benar merupakan langkah awal dalam merawat kamera. Agar kamera tidak berjamur, kamera harus disimpan dalam suhu yang ideal ruangan. Kalau tidak digunakan dalam waktu lama, simpan kamera DSLR pada box kedap udara.

Jangan pernah meninggalkan kamera di bawah panas matahari langsung dalam waktu lama. Jauhkan kamera dari benda-benda yang memiliki medan magnet kuat. Medan magnet dapat mempengaruhi komponen di kamera.

Jaga Kebersihan Lensa

Ketika akan membersihkan lensa, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke atas kaca lensa. Semprotkan dulu cairan ke lap khusus lensa, kemudian baru usapkan perlahan ke lensa.

Ingat,jangan sentuh lensa dengan jari secara langsung. Pasanglah lensa cap ketika lensa sedang tidak digunakan. Pemasangan lensa cap dimaksudkan mengurangi debu pada permukaan lensa.

Operasikan dengan baik dan tidak kasar

Kamera dan lensa memiliki bagian yang bergerak. Kalau ada bagian yang rusak atau macet, jangan diputar atau dibuka dengan paksa. Ketika memasang lensa ke kamera pun, harus dilakukan dengan baik, jangan kasar karena dudukan lensa harus terpasang dengan sempurna.

Matikan kamera sebelum mengeluarkan baterai atau memory card. Saat Anda ingin memindahkan data dengan USB ke komputer, sebaiknya matikan juga kamera.

Merawat baterai

Baterai menjadi bagian vital pada kamera. Sebaiknya tidak mencharge baterai secara berlebihan. Jika baterai penuh segera lepas dari charger. Lepaskan baterai dari kamera jika kamera tidak sedang digunakan.

Terakhir, jika menemukan kerusakan pada lensa atau kamera segera hubungi teman yang ahli dan servis center. Ingat, jangan sembarangan memperbaiki kamera DSLR. (Tedi)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar