Enam Langkah Buat Tampilan Xiaomi Redmi 1S Makin Menarik

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 23 Sep 2014 | 11:00

Sebelum Xiaomi resmi mendatangkan Redmi 1S, nama MIUI mungkin belum dikenal pengguna Android umum. Namun bagi gadget freak, MIUI bukanlah hal yang baru, terutama bagi mereka yang gemar bergonta-ganti ROM. MIUI sendiri memiliki beberapa kelebihan, salah satunya mudah mengkustomisasi tampilan, diantaranya :

Wallpaper

Untuk mengganti wallpaper, cukup tekan layar beberapa detik hingga muncul beberapa piihan (salah satunya adalah wallpaper). Klik opsi wallpaper dan Anda dibebaskan untuk memilih image yang akan tampil di layar.
Serunya, selain image yang ada di dalam memori ponsel, Anda juga dimungkinkan memasang image sebagai wallpaper dari source online. Tersedia banyak pilihan gambar yang menarik dan sudah disesuaikan dengan dimensi layar.

Widget


Caranya tidak berbeda dengan mengubah wallpaper, hanya saja saat muncul sejumlah opsi Anda klik Widget. Beberapa widget bisa Anda tampilkan di layar. Hal yang sama adalah ketersediaan widget secara online (tidak melalui Play Store). Satu yang cukup menarik adalah widget clock atau jam. Disediakan beraneka widget clock dalam desain yang berbeda-beda.

Effect


Berguna untuk mengubah efek saat Anda menyapu (swipe) diantara home screen. Meski tidak banyak efek yang ditawarkan, namun cukup memberikan kesan yang berbeda.

Move Apps

Di Android standar, memindahkan aplikasi pada home screen harus dilakukan satu-satu. Sedangkan di MIUI dapat dilakukan secara bersamaan. Caranya Anda cukup tekan layar beberapa detik, lalu akan muncul beberapa opsi, klik ‘move apps’. Anda pilih aplikasi-aplikasi yang ingin dipindahkan ke home screen lain. Aplikasi-aplikasi tersebut akan berkumpul dibagian bawah, kemudian sapu atau swipe layar ke samping hingga semua aplikasi tadi mendekat. lalu pilih laman home screen sebagai lokasi baru, klik maka semua aplikasi secara otomatis pindah ke home screen baru. 

Theme

 

MIUI menawarkan banyak theme unik yang dapat Anda pilih. Termasuk salah satunya theme bertema Indonesia lengkap dengan ikon-ikonnya, seperti Borobudur, Monas, Wayang, dan lainnya. Theme ini gratis dan dapat diunduh jika sudah membuat akun MiCloud.

Fonts


Bosan dengan font bawaan, cukup masuk ke ‘setting’ pilih display scroll ke bawah klik ‘font’ lalu pilih ‘using’. Anda juga dimungkinkan untuk mengunduhnya dari source lain. (Abdi)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar