Mau Beli Kamera? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 22 Sep 2014 | 17:15

Kamera saku menjadi pilihan yang pas bagi Anda untuk mengabadikan momen atau peristiwa penting di sekitar Anda. Bentuknya yang tak terlalu besar dan mudah digunakan menjadi alasan pemilihan gadget ini.

Namun, seiring perkembangan zaman, kamera digital dibekali berbagai fitur baru nan menarik guna memuaskan pengguna. Tak hanya itu, berbagai produsen pun mulai ikut memproduksi kamera saku digital.

Hal ini justru membuat para pemula bingung dalam menentukan kamera saku yang cocok mengingat banyknya pilihan di pasaran.

Berikut beberapa tips memilih kamera saku untuk pemula. Dengan tips ini diharapkan pengguna bisa lebih memahami kamera saku dan mendapatkan kamera sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Budget atau harga

Harga kamera saku di pasar memiliki rentang harga yang beragam mulai dari di bawah 1 juta hingga di atas 2 juta. Semakin canggih kamera digital, semakin mahal pula harganya.

Untuk itu sesuaikan dulu budget yang dimiliki. Pintar-pintarlah dalam memilih. Kalau Anda beruntung bisa menemukan kamera digital berharga murah dengan spesifikasi mumpuni.

Jangan terpaku merk

Sebagian orang masih memilih produk berdasarkan merknya. Dalam hal pemilihan kamera, jangan melihat merk tapi lihatlah spesifikasi yang ditawarkan pada kamera saku tersebut.

Ingat kamera saat ini hampir memiliki spesifikasi yang sama. Perhatikan spesifikasinya, terkadang Anda bisa menemukan kamera dengan spesifikasi sama dengan harga yang berbeda.

Perhatikan ukuran sensor bukan megapiksel

Ukuran megapiksel bukanlah penentu baik atau tidaknya sebuah kamera digital saku saat ini. Pilihlah ukuran sensor gambar yang lebih besar untuk mendapatkan gambar yang lebih berkualitas.

Perhatikan ukuran bodi

Sebagai sebuah kamera saku tentu kamera digital jenis ini memiliki bodi kecil dan bisa dikantongi. Pengguna harus memperhatikan faktor seperti tombol dan cara memegang kamera. Bentuk yang terlalu kecil terkadang membuat tombol kurang nyaman dan tentu saja berpengaruh buruk ketika digenggam.

Perhatikan fitur yang dihadirkan

Beberapa produsen kamera telah mencoba menghadirkan banyak fitur pada kamera saku. Salah satunya fitur image stabilization hingga optical zoom.  Ada juga fitur merekam dengan hasil vdeo yang berkualitas.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda menentukan kamera saku yang cocok sesuai kebutuhan. (Tedi)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar