Hindari Korosi, Jangan Gunakan Alkohol Sebagai Pembersih Layar Komputasi

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 12 Peb 2016 | 12:17

Semprotkan pembersih di kain bukan langsung di layar

Seringkali para pengguna komputasi direpotkan dengan banyaknya noda yang menempel pada perangkat. Tidak hanya membuat tampilan menjadi kotor, terkadang noda tersebut juga seringkali membuat warna asli perangkat menjadi pudar. Namun, bagaimana cara membersihkan perangkat tersebut dengan benar, terutama pada sebuah layar komputer laptop, notebook, tablet, smartphone maupun monitor LCD.

Di bawah ini ada cara jitu mengatasi hal tersebut. Salah satunya dari laman situs cnet. Namun, sebelum melakukan pembersihan ada beberapa  hal dan bahan yang harus dihindari untuk menjaga perangkat, sehingga perangkat tetap berfungsi baik dan bersih.

Hindari;

  • Semprotan dari berbahan aerosol, pelarut atau pengikis. Seperti halnya alkohol maupun cairan pembersih kaca cermin biasa.
  • Penggunaan bahan dari kain dengan serat yang kasar.
  • Langsung menyemprotkan cairan ke permukaan layar.
  • Jangan menggunakan kuku jari ataupun benda tumpul lainnya untuk membersihkan noda membandel.

Dengan menghindari beberapa hal di atas, memungkinkan perangkat Anda akan tetap terjaga fungsinya dengan baik. Seperti halnya menghindari bahan cairan aerosol atau sejenis alkohol, cairan ini memang memiliki sifat yang cepat kering. Hanya saja sayangnya, cairan ini sangat tajam dan membuat korosi.

Lalu, hindari juga semprotan  atau pembersihan dengan menggunakan cairan minyak, karena sifat cairan ini lama kering dan akan cepat membekas, sekaligus mengundangan banyak debu yang menempel dan akan lebih sulit dilepaskan.

Gunakanlah kain kering tanpa serat dengan bahan yang halus, sehingga permukaan layar tidakakan cepat tergores. Jenis kain ini, biasanya ada atau disertakan dalam paket penjualan ponsel atau perangkat komputasi lainnya. Namun, jika ada noda yang masih sulit dihilangkan bisa menggunakan air hangat yang sedikit diberi sabun cuci piring, dengan sebelumnya melakukan pembersihan dengan kain. (Noor)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar