Begini Ubah Tombol Power Jadi Shutter Kamera di Android!

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 22 Sep 2014 | 14:00

Untuk mendapatkan gambar dengan cepat atau ingin mengaktifkan kamera langsung dalam ponsel Android membutuhkan perjalanan yang panjang. Pengguna diwajibkan untuk melakukan proses dengan terlebih dahulu membuka kunci layar, memilah menu dan kemudian menekan ikon kamera untuk mengaktifkannya. Dan hal tersebut, bisa membuat obyek cepat menghilang.

Meski tidak semua proses ini dikerjakan pada ponsel Android, karena ada beberapa ponsel yang menyediakan tombol ‘shutter’ langsung untuk mengaktifkan kamera. Seperti halnya dalam jajaran produk smartphone high-end Sony di generasi Xperia, Anda akan disediakan tombol tersebut untuk cepat mengakses kamera dan mendapatkan gambar langsung.

Meski demikian, sistem operasi Android di kelas 4.4 KitKat sebenarnya juga menyediakan menu cepat tersebut, Anda bisa menempatkannya menu kamera sebagai kunci layar. Dengan menempatkan ikon aplikasi sebagai menu pembuka layar. Hanya saja sayangnya, alur pengaturan dan cara kerjanya kurang efektif.  

Namun, ada cara yang lebih efektif dan cepat yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mendapatkan kemudahan mengabadikan moment gambar dengan cepat, dengan cara yang tidak merepotkan. Bahkan, bagi ponsel Android yang tidak disediakan tombol shutter tersebut.

Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ‘Snapshot’ untuk memanfaatkan tombol power, yang sekaligus bisa difungsikan sebagai tombol shutter. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa mengikuti tahap sebagai berikut.

  • Hal yang pertama adalah mencdowload dan menginstall aplikasi ‘Snapshot’ yang bisa ditemukan dari Google Play.

Langkah 1

  • Setelah proses penginstallan selesai, Anda bisa melakukan beberapa pengaturan yang disediakan.

Langkah 2

  • Aktifkan menu snapshoot dengan melakukan switch aplikasi dalam posisi ‘enabled’.

langkah 3

  • Hilangkan tanda ‘checklist’ pada menu ‘status bar notification’. Terkecuali jika Anda menginginkan bahwa ada pemberitahuan dalam kolom bar, bahwa aplikasi ini aktif. Berikan tanda checklist pada menu ‘Auto start’ untuk mengatifkan aplikasi snapshoot secara langsung, sehingga untuk menjalankan aplikasi ini Anda tidak perlu lagi repot untuk mengakses aplikasi kembali.

      

Langkah 4

  • Tekan tombol power, dan pastikan kamera dalam posisi ‘log screen’
  • Setelah itu, Anda bisa mendapatkan gambar dengan menekan beberapa detik tombol power, untuk langsung mengakses kamera dan merekam momen secara instan.

Sebagai catatan, Anda juga bisa mengatur untuk langsung mendapatkan gambar dalam empat posisi pengambilan. Seperti halnya dalam modus Landscape, landscape 270 derajat, Upside Down dan Screen down dalam posisi layar berdiri. (noor)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar