Cara Memaksimalkan Fitur HDR di Kamera Ponsel

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 15 Sep 2014 | 13:39

Jika membuka fitur kamera smartphone saat ini, Anda pasti menemukan High Dynamic Range (HDR). Tahukah Anda kegunaan fitur tersebut?. Bagaimana dan kapan waktu yang tepat menggunakannya?.

Anda yang menggeluti fotografi ponsel pasti mudah menjawab pertanyaan di atas. Bagi yang awam, hal ini tentu saja membingungkan karena ternyata ada aturan cara pakainya.

Mengenai ini, Pricebook akan berbagi informasi agar Anda yang masih bingung dapat menggunakan fitur ini dengan maksimal.  

Contoh foto di atas, diambil pagi hari, sekitar pukul 06.45.50 WIB. Lokasinya di lereng Gunung Bromo. Menggunakan kamera beresolusi 13 MP milik Samsung Galaxy S4. Smartphone ini pun dibekali kamera depan 2 MP. Pricebook dengan mudah menghasilkan foto (yang kami anggap) bagus dengan hanya mengaktifkan fitur HDR yang sudah tersedia di kamera.

Dengan fitur HDR, pencahayaan dan detail foto dapat diproduksi dengan baik sehingga kualitas hasil gambar menakjubkan. Cara kerja fitur ini tidak hanya merekam satu gambar saja, melainkan tiga gambar sekaligus dengan tingkat eksposur yang berbeda. Kemudian tiga gambar tersebut digabungkan untuk mengambil bagian-bagian yang terbaik.

Pengambilan tiga gambar tersebut dapat dirasakan oleh Anda ketika menggunakan fitur ini. Kamera akan merekam agak lama dari moda normal ketika shutter mulai ditekan. Pada momen ini tangan Anda harus kuat agar tidak terjadi goncangan. 

Kapan baiknya fitur HDR digunakan?.Situasi di alam bebas, pemandangan gunung dan berbagai obyek lainnya sangat tepat jika Anda menggunakan HDR. Lensa kamera tidak seperti mata kita yang bisa membedakan dengan jelas kontras obyek di atas gunung yang cerah hingga obyek di bawah pepohonan.

Fitur HDR dapat pula digunakan pada saat obyek berlimpah cahaya atau kurang cahaya. Biasanya disituasi cahaya berlebih pada obyek, hasil gambar akan gelap atau terang sehingga detailnya tidak terekam.

Sementara di kondisi minim cahaya ada bagian yang kuat cahaya atau bagian belakang lebih terang, sehingga nantinya pada gambar akan ada bagian yang hitam pekat atau detail dibagian itu tidak tertangkap. Fitur HDR mampu memaksimalkannya menjadi gambar kontras yang menarik.

Tips menggunakan fitur HDR

  • Pakai tripod. Tujuannya untuk menghindari goncangan. Kalau tidak ada pegang yang kuat atau gunakan perintah suara
  • Gunakan fitur bracketing jika ada. Biasanya fitur akan mengambil lebih dari satu gambar dan Anda dapat memilih yang terbaik.
  • Fokus pada obyek. Detail yang baik dihasilkan oleh titik fokus yang tepat di obyek.
  • Hindari obyek bergerak. Kalau tidak hasil gambar akan kabur atau tidak fokus karena kamera akan merekam dalam kecepatan lambat.
  • Biasakan sebelum mengambil obyek dengan fitur HDR, Anda terlebih dahulu mengambilnya tanpa fitur HDR agar dapat membandingkannya

Baca juga artikel:

Mito Prime, Tablet 7 Inci dengan RAM 1 GB

Lima Windows Phone yang Beredar di Pasar Tanah Air

Acer Liquid Z500, Menjajal Ponsel Rp2juta dengan RAM 2 GB

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 15 Januari 2015 - 18:25
Keren banget mas brooo fotonya