Mengenal Fitur-fitur  MIUI 6, Sistem Operasi yang akan Dijadikan Update untuk Redmi 1s

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 12 Sep 2014 | 16:19

Xiaomi menjadi fenomenal di Indonesia setelah menghadirkan produk bernama Xiaomi Redmi 1s. Betapa tidak, produk tersebut langsung diserbu oleh enam puluh ribu orang lebih ketika peluncuran pertamanya di Indonesia. Padahal pihak Xiaomi belum menyediakan stok yang banyak untuk Indonesia.

Kali ini Pricebook tidak akan membahas tentang fenomena smartphone Xiaomi Redmi 1s ini. Yang akan jadi fokus pembicaraan adalah tentang sistem operasi yang diusung Xiaomi Redmi 1s.

Seperti yang sudah diketahui, Xiaomi Redmi 1s mengusung sistem operasi Android Jelly Bean modifikasi dari Xiaomi yang dinamakan OS MIUI. Untuk Xiaomi Redmi 1s, MIUI yang tersemat di dalamnya adalah MIUI versi 5. Xiaomi sendiri berencana melakukan upgrade MIUI untuk Xiaomi Redmi 1s, yakni MIUI 6 yang diperkenalkan Agustus 2014. Apa yang menarik dari MIUI 6 ini? Berikut fitur-fitur utama dalam MIUI 6.

Tampilan Antarmuka iOS

Hal yang mengejutkan dari MIUI 6 adalah tampilan antarmukanya. MIUI 6 ternyata mengusung desain antarmuka flat yang sederhana. Tampilan ini merupakan ciri khas dari iOS 7. Tidak hanya secara desain, latar warna yang digunakan pada MIUI 6 pun sangat mirip dengan tampilan iOS 7. Konsep tampilan antarmuka ini tentunya cukup menarik. Apalagi MIUI ini menghadirkan  efek parallax pada tampilan ikon aplikasinya

Fitur Phonebook

MIUI 6 juga menawarkan fitur yang unik dan jarang ditemukan di OS lainnya. Fitur tersebut adalah aplikasi Phonebook. Aplikasi ini tidak sekadar buku telepon pada umumnya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengetahui nomor yang belum dikenali sebelumnya. Namun, tampaknya fitur ini tidak akan maksimal karena fitur ini masih tergantung operator. Di Indonesia sendiri, fitur ini juga belum tentu didukung sepenuhnya.

Tool Quick Search di Home Screen

Fitur lainnya di MIUI 6 adalah hadirnya tool quick search di Homescreen. Tool ini kan sangat berguna untuk pengguna yang ingin mengakses berbagai lebih cepat. Segala hal terkait pemberitahuan, lock screen dan juga panel pencarian akan lebih mudah diakses karena langsung muncul di layar utama.

Akun MIUI Browser

MIUI memiliki peramban bawaan yang dinamakan MIUI Browser. Di versi terbarunya nanti, MIUI Browser akan hadir dengan fitur sinkronisasi akun. Nantinya pengguna bisa mengakses berbagai situs dan bisa meninggalkan jejak atau menyimpan situs tersebut ketika pengguna menggunakan perangkat lain yang juga mendukung MIUI Browser. Sederhannya, cara kerjanya mirip dengan akun sinkronisasi Google Chrome. 

Selain fitur-fitur tersebut, MIUI 6 juga akan hadir dengan pengaturan e-mail client yang lebih mudah serta ketersediaan 5000 theme yang tidak akan membuat penggunanya bosan. Dengan berbagai fitur-fitur tersebut, tentunya kedepan penggunaan Xiaomi Redmi 1s dengan MIUI 6 akan lebih menarik. Mari tunggu saja kehadiran MIUI 6 ini. (Tedi)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar