Cara Mematikan Fitur Auto Update di Gadget Android 4.4 KitKat

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 11 Sep 2014 | 13:31

   

Kehadiran gadget Android semakin berkembang tiap harinya. Tak terhitung banyak smartphone dan tablet baru yang dirilis ke pasaran. Hal ini juga menarik banyak pengguna baru yang beralih dari sistem operasi lain ke perangkat sistem Android yang lebih menarik. Sayangnya, banyak pengguna baru tersebut kurang memahami fungsi dan fitur dalam smartphone bersistem Android.

Terkadang, pengguna gadget Android menginstal cukup banyak aplikasi atau game di perangkat Android miliknya. Padahal setiap aplikasi atau game Android membutuhkan update berkala yang tentu saja memakan pulsa. Hal ini banyak tidak disadari pengguna baru Android yang sering mengeluh kehabisan pulsa secara tiba – tiba. Bisa saja pulsa yang hilang itu disebabkan terpakai untuk update aplikasi dan game.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja mematikan fitur automatic update yang memungkinkan aplikasi dan game dalam perangkat langsung meng-update tanpa pemberitahuan sebelumnya. Fitur ini sering tidak disadari pengguna baru gadget Android. Padahal mematikan fitur ini tidaklah terlalu sulit. Berikut cara mudah mematikan atau mengganti fitur Auto Update untuk aplikasi dan game di perangkat Android, terutama untuk Android KitKa

  • Langkah pertama tentu saja masuk ke dalam Google Play store yang tersedia di semua perangkat Android.
  • Langkah selanjutnya, masuk ke menu Google Play Store. Di sistem operasi Android 4.4 Kitkat, pilihan menu di Play Store terdapat pada sebelah kiri. Sementara pada beberapa sistem Android versi lawas, menu terdapat sudut kanan sebelah tanda kaca pembesar. Klik bagian tersebut, maka akan muncul beberapa pilihan. Pilihlah tab menu setting.
  • Dalam menu Setiing pengguna akan menemukan berbagai pilihan. Cari kolom bertuliskan Auto-Update Apps. Tap menu tersebut.
  • Dalam langkah selanjutnya, terdapat tiga pilihan yakni do not auto update apps, Auto Update apps at any time. Dan auto-update apps over wifi only.
  • Ketiga pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Pilihan pertama do not auto-update apps artinya mematikan fitur auto update sehingga sistem tidak akan melakukan update secara langsung.
  • Pilihan kedua, Auto update akan bekerja setiap waktu. Inilah yang menyebabkan pulsa pengguna bisa berkurang setiap saat.
  • Pilihan ketiga, auto update akan bekerja jika ada terkoneksi oleh jaringan wifi.
  • Untuk mematikan pilih do not auto update apps.

Demikianlah langkah mematikan fitur auto update. Perlu diketahui, langkah tersebut tidak berbeda jauh dengan gadget Android yang bukan versi 4.4. Hanya beberapa pilihan menu saja yang berbeda. Yang pasti semoga dengan dimatikannya fitur ini bisa menghemat kuota pulsa internet pengguna. (Tedi)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar