Cara Memaksimalkan Fitur Kamera dan Editing Foto di Asus Zenfone 6

Cara Memaksimalkan Fitur Kamera dan Editing Foto di Asus Zenfone 6

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 15 Sep 2016 | 17:48

hasil foto zenfone 6
Hasil foto Zenfone 6 menggunakan Moda Panorama

Kamera pada Asus Zenfone 6 menjadi salah satu unggulan. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, kamera Asus Zenfone 6 sudah sangat cukup kualitasnya.

Pada review yang lalu Kami tak membahas banyak fitur yang ada di kameranya. Edisi kali ini akan dikupas lebih detail lagi apa saja yang Anda bisa lakukan dengan kamera 13 MP yang ada di Zenfone 6. Cek reviews Asus Zenfone 6 di sini

Untuk kamera utama, Asus Zenfone 6 memiliki resolusi tertinggi 13 MP (4096 x 3072) dirasio 4:3 dan yang terendah ialah 6 MP (3264 x 1836) dengan rasio 16:9. Sedangkan untuk kamera depan beresolusi 2 MP (1600 x 1200) dirasio 4:3 dan yang paling rendah 1.4 MP (1600 x 900) pada rasio 16:9. Kamera Zenfone 6 dilengkapi lampu kilat dan tombol shutter (volume) serta lensa yang memiliki beberapa pengaturan.

User Interface

User interface kamera Zenfone 6 mudah dimengerti dan nyaman digunakan. Pada bagian paling atas,terdapat beberapa ikon yang memiliki fungsi berbeda ketika ditekan. Menu Setting kamera yang dilambangkan dengan ikon ‘Gerigi” akan memberikan beraneka ragam pengaturan mulai dari “White Balance” yang terdiri dari;

Auto White Balance> Kamera akan menyesuaikan cahaya yang tepat dan efek yang ditimbulkan.  

Cloudy White Balance> Cocok digunakan pada saat langit sedang berawan. Bisa juga digunakan pada saat matahari terbenam atau waktu fajar.

Daylight White Balance> Cocok digunakan pada saat terik matahari atau obyek tepat berada di bawah sinar mentari.

Flourescent> Digunakan pada ruangan yang menggunakan lampu biasa atau neon. Jika digunakan pada situasi atau kondisi yang salah akan memberikan efek kebiru-biruan.

Incandescent/tungsten> Cocok digunakan pada ruangan yang menggunakan lampu bohlam.

Untuk ISO-nya, pada Asus Zenfone 6 ada 10 pilihan mulai dari 50, 100, 200, 400, dan 800.

Beberapa pengaturan lain diantaranya Exposure value, optimization, Anti shake enhancement, Image quality (Fine dan Standar), shot Mode (Touch shutter, Self timer, Burst), Focus & Exposure (Smart-AF, Continuous auto focus, Infinity),Touch Auto exposure, Face detection dan masih banyak lagi.

Asus menyediakan dua pilihan kualitas rekam video, yakni HD (1280 x 720) dan TV (640 x 480). Dilengkapi dengan fitur Video Stabilization untuk meminimalisir goncangan.

Pengaturan lain yang berhubungan dengan kamera juga disertakan dalam Menu Setting pada layar diantaranya Guidlines, info, Review duration, Burst review, shutter animation, Camera sound, Location service, Anti flicker, Power saving mode, Set volume key as, save to tutorial, Restore default setting.  

Jika Anda ingin menggunakan efek pada obyek tertentu, bisa melakukannya sebelum atau sesudah mengambil gambar (edit). Malas mengedit, tekan ikon yang ada di sebelah kanan ikon Setting (Gerigi), maka Anda akan menemukan 10 pilihan efek semisal Lomo, pensil, Edge Detect dan lainnya.

Moda Kamera

mode kamera asus zenfone  

Moda kamera utama

mode kamera asus zenfone

Moda kamera depan

Resolusi kamera belakang Asus 13 MP juga dibarengi dengan moda pengambilan gambar yang berjumlah 13 buah, terdiri atas moda auto, Time rewind, HDR, Panorama, Night, Low Light, Selfie, Miniature, Depth of fiel, Smart remove, All Smile, Beautification, Gift Animation.

Ada beberapa catatan, pada kamera depan hanya tersedia moda auto, HDR, Night, Beautiful, dan Gift animation. Lalu pada Moda Time Rewind, resolusinya hanya 2 MP (1920 x 1080) dengan rasio 16:9 sedangkan pada Moda Low Light terbatas pada 3 MP (2048 x 1536) dirasio 4:4. Sedangkan untuk Moda Selfie ada fitur Find Face, yang akan mendeteksi wajah lebih kurang 4 wajah.

Pada saat minim cahaya biasanya muncul lambang burung hantu yang menandakan Anda perlu menggunakan moda tersebut agar hasil jepretan lebih baik. Tapi terserah Anda, jika punya cara sendiri silahkan terapkan.

Editing Gambar

galeri pada asus  galeri pada asus zenfone

Galery foto

Galery foto Asus Zenfone 6 menawarkan beberapa kategori yang akan menempatkan foto pada kategori tersebut. Semisal mengurutkan tanggal pengambilan foto, letak penyimpan file dan sebagainya.

Pilih satu foto untuk di edit. Zenfone 6 menawarkan fitur yang tidak jauh beda dari smartphone kebanyakan. Namun ada beberapa yang menarik untuk dijalankan seperti pengaturan cahaya gelap pada sisi tertentu atau mengatur cahaya dengan menggunakan Curve seperti yang ada di photoshop. Berikut fitur edit foto yang ditawarkan oleh Zenfone 6;

    

Memulai mengedit gambar ada Anda dapat melihat ukuran file terlebih dahulu atau menggantinya

     

Efek foto dan fitur cropping serta menggambar langsung di obyek

  

                               Anda dapat membuat gelap sebagian obyek dan  mengatur komposisi cahaya dengan curve 

Baca juga artikel:
Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta
Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K
Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar

22 Oktober 2014 - 12:32
bagaimana memaksimalkan kamera jika dibawah lampu TL(gambar berbayang bergaris garis) sudah coba setting di Anti flicker ( 50-60 hz) tapi hasil masih belum maksimal....
Bima Satria 22 Oktober 2014 - 12:39
hanya pada fotodi bawah lampu TL bro ? Brightnessnya dikurangin aja coba
22 Oktober 2014 - 21:16
Udah Mas bro..lebih baik sii tapi tetep kurang maks...
Bima Satria 15 Januari 2015 - 18:28
Kalau ingin maksimal, jangan terlalu banyak pengaturan cahaya aja sih