Mudik Seorang Diri? Pakai Aplikasi ini Biar Aman

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 25 Jul 2014 | 13:00

Seiring maraknya pemudik jelang lebaran, tingkat kejahatan pun makin tinggi. Bagi Anda yang menjalani rutinitas pulang kampung, tetaplah menjaga kesehatan dan selalu waspada. Apalagi jika Anda seorang diri dan hanya ditemani oleh gadget kesayangan Anda. Untuk berjaga-jaga, ada baiknya menginstal salah satu aplikasi di bawah ini, agar selalu terhubung dengan keluarga dan sahabat selama dalam perjalanan.

Naksi Taxi Safety App

Developer: Join Team

OS : Android     

                 

Bahaya ada dimana saja,tak terkecuali di dalam taksi waktu Anda melanjutkan perjalanan setelah naik kereta atau pesawat menuju rumah. Naksi Taksi merupakan aplikasi buatan anak negeri yang akan memberikan berbagai informasi tentang taksi yang Ada tumpangi. Orang yang Anda berikan informasi pada aplikasi ini disebut dengan “Angels”.

Informasi yang bisa dibagi antara lain, nama perusahaan taksi, nomor pintu, tujuan dan jam berangkat Anda menuju lokasi yang dituju. Aplikasi ini menyediakan satu tombol darurat yang dapat ditekan manakala bahaya menghampiri. Pengiriman data kepada “Angels” melalui pesan singkat, direct message, atau melalui twitter. 

GPS Tracking Pro

Developer:Family Safety Pro

OS : Android

                  

Meski sendirian, melalui aplikasi ini Anda masih dapat terhubung dengan kelompok orang-orang yang telah Anda undang bergabung atau sebaliknya. Melalui aplikasi ini keberadaan Anda dapat dilacak, dan diketahui oleh orang-orang dalam grup yang Anda tempati. Semua orang yang terdaftar akan terlihat (foto) pada sebuah peta. Aplikasi ini tidak real time, rentang waktunya  paling 1-15 menit, sisi baiknya baterai tidak cepat terkuras.

MamaBear Family Safety

Developer:Geowaggle,LLC

OS : Android, iOS

                  

Aplikasi ini akan menghubungkan orang tua dan buah hati mereka pada smartphone masing-masing. Bukan hanya di jalan, aplikasi ini juga akan menjaga anak kita dari kejahatan yang terjadi di dunia online,semisal di facebook, twitter atau Instagram.

Kita sebagai orang tua akan lebih waspada terhadap umpan balik facebook milik anak kita. Perlu meningkatkan kewaspadaan tanda-tanda bullying atau penggunaan bahasa yang kasar pada akun media sosial yang dimiliki anak Anda. 

Family Safety

Developer:TWT Safety

O        

Aplikasi keselamatan berbasis lokasi selanjutnya ialah Family Safety. Tidak jauh beda dengan aplikasi-aplikasi berbasis GPS lainnya, ponsel ini akan memberikan lokasi anak Anda dimanapun berada.  

Bedanya di aplikasi ini, para pengguna dapat melakukan chatting secara gratis dengan menggunakan ZoeMob secara private channel sehingga akan lebih berkomunikasi dengan anggota keluarga. 

Life360

Developer: life360

versi OS: Android, iOS, BlacBerry

Tak ubahnya dengan aplikasi berbasis lokasi lainnya, Life360 akan memantau semua anggota keluarga yang tergabung, adanya tombol panik, pemberitahuan ketika sudah sampai dilokasi, atau memeriksa riwayat perjalanan anak kita. Aplikasi ini juga akan menunjukan lokasi rumah sakit, kantor polisi terdekat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga artikel: 

Kenali Sensor Pada Smartphone Anda
Snapdragon 810 Bermasalah, Smartphone Premium LG dan Samsung
Aldo T33, Android Lokal 7 Inci Rp700an Ribu

Artikel Lainnya

Komentar