Ini Dia Inovasi Corning Gorilla Glass dari Masa ke Masa

Oleh Ardiansyah Hana updated Rabu, 23 Agu 2017 | 15:53


Image via LowYat

Hampir setiap smartphone, terlebih smartphone flagship memiliki layar yang sudah dilapisi kaca anti gores. Diantara banyaknya kaca anti gores yang ada, Gorilla Glass adalah salah satu yang paling populer. Kaca ini dipakai oleh merek-merek besar seperti Apple dan Samsung.

Nah, apa itu Gorilla Glass dan bagaimana teknologi yang ditawarkannya sehingga bisa melindungi layar hape dari goresan dan kerusakan? Ini dia penjelasan lengkapnya!

Fakta Corning Gorilla Glass

Dikembangkan oleh Corning Inc., Gorilla Glass adalah gelas berbahan dasar alkali-aluminosilikat. Dalam pembuatannya, ia dibentuk dari ikatan aluminium, silikon dan oksigen secara bersama-sama. Dikembangkan pada pertengahan tahun 2005, Corning merancang kaca yang tahan terhadap goresan, namun tetap ringan dan tipis karena memiliki ketebalan 0,4 mm.

Jauh sebelum meluncurkan Gorilla Glass, Corning lebih dulu memproduksi Chemcor. Produk ini merupakan kaca tahan gores yang diperuntukkan bagi peralatan rumah tangga, mobil, industri pesawat dan farmasi. Lalu, Corning pun mengeluarkan Gorilla Glass pada tahun 2010 yang dikhususkan untuk hp.

Corning Goriila Glass diproduksi dengan teknologi canggih yang hasilnya tidak akan pecah meskipun Anda pukul dengan palu. Nah, bagaimana keunggulan dari masing-masing seri Corning Goriila Glass yang saat ini dipakai oleh banyak hape? Berikut ulasannya!

Corning Gorilla Glass 1


Image via ActualApple

Corning Gorilla Glass generasi pertama 1 diluncurkan pada tahun 2005. Namun, kehadiran kaca anti gores ini menjadi populer pada tahun 2007 setelah Apple menggunakannya pada perangkat iPhone. Perusahaan asal Cupertino ini memesan layar dengan tebal 1,5 mm dan dilapisi oleophobic sehingga meminimalisir noda dan sidik jari. Setelah iPhone, Corning Goriila Glass 1 kian populer dan dipakai oleh sekitar 250 jenis hape yang ada di pasaran.

Corning Gorilla Glass 2

galaxy s3 gorilla glass 2Image via YouTube

Di tahun 2012, Corning memperkenalkan Gorilla Glass 2 di ajang CES. Selain memiliki ketahanan lebih baik, Corning Gorilla Glass 2 memiliki bentuk 20% lebih tipis ketimbang model pertama, namun bisa menahan beban hingga 50 kilogram tanpa retak dan pecah.

Di tahun yang sama, Corning Gorilla Glass 2 berhasil dipakai oleh sekitar 600 juta perangkat. Berkat bentuknya yang lebih tipis, produsen hape pun bisa membuat perangkat yang jauh ringan dan tipis. LG Nexus 4 dan Samsung Galaxy S3 merupakan sebagian produk yang memakai Corning Gorilla Glass 2.

Corning Gorilla Glass 3


Image via YouTube

Inovasi selanjutnya, Corning Gorilla Glass 3, menanamkan lebih banyak keunggulan ketimbang pendahulunya. Selain fokus pada ketebalan, Corning juga memperkenalkan memperkenalkan teknologi Native Damage Resistance (NDR) yang memungkinkan kaca bisa tahan goresan hingga 35%. Diperkenalkan pada ajang CES 2013, Corning Gorilla Glass 3 dipakai pada smartphone populer saat itu, seperti Samsung Galaxy S4, Moto G, dan Moto X.

Corning Gorilla Glass 4

Image via ASUS

Di tahun 2014, Corning kembali membuat inovasi. Berdasarkan survey yang dilakukan perusahaan, ia menemukan bahwa 70% kerusakan layar smartphone disebabkan karena terjatuh pada permukaan kasar. Dengan demikian, Corning Gorilla Glass 4 dirilis untuk menangani kerusakan tersebut, membuat layar smartphone tetap aman saat terjatuh di jalan bergerigi ataupun trotoar dengan kekuatan yang lebih baik daripada seri lamanya. Untuk produk, Samsung Galaxy Note 5 dan ASUS ZenFone 2 Laser adalah sebagian smartphone populer yang dilengkapi Corning Gorilla Glass 4.

Corning Gorilla Glass 5

Image via Samsung

Seri terakhir, Corning Goriila Glass 5, memiliki kekuatan empat kali lebih baik dari seri sebelumnya saat terjatuh, ditunjukkan dengan tes laboratorium yang menunjukkan tidak terjadinya kerusakan saat dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter. Selain itu, Corning pun menjamin bahwa teknologi pada Corning Gorilla Glass 5 bisa mencegah terjadinya retak pada layar hingga 80% saat jatuh ke permukaan keras setinggi 1 meter.

Penggunaan kaca anti gores bawaan pada smartphone sangatlah penting untuk mencegah kerusakan layar saat terjatuh. So, sebelum membeli smartphone, pastikan bahwa produk tersebut sudah dilapisi kaca anti gores yang tangguh, ya!

Baca juga artikel:

Layar 2,5D Curved Glass vs Gorilla Glass: Fungsi dan Perbedaan Keduanya

Bukan Smartphone, Mobil ini Pakai Lapisan Gorilla Glass agar Irit BBM

Corning Gorilla Glass 5 Dirilis, Ini Dia Kelebihannya!

Artikel Lainnya

Komentar