Ini Dia 7 Alternatif OS Smartphone Selain Android dan iOS

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 01 Agu 2017 | 13:55

Image via IB Times

Saat ini, perangkat hape yang tersedia di pasaran didominasi oleh Android dan iOS. Tercatat, masing-masing OS hape tersebut digunakan sebanyak 85% untuk Android dan 14,7% untuk iOS selama kuartal pertama tahun 2017.

Selain kedua OS tersebut, ternyata ada beberapa OS hape lain yang bisa menjadi alternatif. OS hape selain Android dan iOS ini bisa Anda gunakan jika bosan dengan ekosistem dari kedua OS tersebut.

Nah, apa saja OS hape selain Android dan iOS yang tersedia saat ini? Berikut daftarnya!

1. Tizen

Dikembangkan oleh Samsung, Intel dan Linux Foundation sejak tahun 2012. Bersifat terbuka (open-source) menggunakan program inti dari Linux, OS Tizen tidak hanya dipakai untuk produk smartphone dan tablet saja, melainkan untuk perangkat multimedia di dalam kendaraan dan TV.

Pada 30 Mei 2017 lalu, ketiga perusahaan ini mengeluarkan OS Tizen 3.0. Sementara itu, Anda yang tertarik menggunkan hape berbasis Tizen bisa membeli Samsung Z2 yang saat ini tersedia di pasar Indonesia.

2. Windows 10 Mobile


Image via WindowsLatest

Windows 10 Mobile merupakan OS hape teranyar dari Microsoft yang tersedia sejak pertengahan tahun 2016. Berbeda dengan versi sebelumnya, OS Windows 10 Mobile dibangun dari inti platform yang sama, berlaku juga untuk perangkat PC dan tablet.

Lewat penggunaan core yang sama, maka Anda bisa memanfaatkan satu toko aplikasi untuk berbagai macam perangkat. Sementara itu, fitur unggulan dari OS hape ini adalah tampilan unik dengan desain tile, browser Edge dan Continuum untuk hape flagship Microsoft Lumia 950 dan 950 XL.

3. Indus OS


Image via Krify

Dikenal juga dengan nama Firstouch, penggunaan Indus OS sangat besar di India, bahkan masuk peringkat kedua OS hape yang paling banyak dipakai setelah Android.

Indus OS dikembangkan sejak tahun 2015, memiliki keunikan dengan adanya penggunaan bahasa lokal India dan menjadi OS hape pertama di dunia yang memanfaatkan bahasa lokal. Total, terdapat 12 bahasa lokal India dimasukkan pada OS ini.

4. Web OS

Image via TechBuffalo

Diluncurkan pada tahun 2009, awalnya Web OS dikembangkan oleh Palm bernama Palm Web OS. Di tahun 2010, HP mengakuisisi Palm dan mengembangkan OS ini untuk bisa diadopsi pada berbagai produk, seperti hape, tablet, sampai printer.

Meskipun pengembangan Web OS sudah dihentikan oleh HP, namun sistem operasi ini telah dibuka secara open source. Untuk Anda yang penasaran dengan kinerjanya, Anda bisa membeli hape HP Veer and HP Pre 3 yang sudah didukung Web OS.

5. Nokia Series 30+

Selanjutnya terdapat OS bernama Nokia Series 30+. Secara khusus, OS hape ini dikembangkan oleh Nokia dan mencakup produk hape low-end. Pertama kali dirilis pada tahun 2013 lewat hape Nokia 108, OS Nokia Series 30+ juga dipakai pada hape terbaru Nokia 3310 edisi tahun 2017.

Sementara itu, OS Nokia Series 30+ mendukung sejumlah aplikasi seperti Opera Mini browser, mesin pencarian Bing, MSN Weather dan Skype GroupMe. Pada sejumlah seri hape, OS ini juga mendukung game dan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh secara manual.

6. BlackBerry OS

Meskipun OS ini sudah mulai ditinggalkan termasuk oleh BlackBerry yang sekarang sudah mengadopsi platform Android, namun masih banyak pengguna hape BlackBerry dengan OS orisinil di Indonesia. OS BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 dan diaplikasikan pada perangkat pager.

Sementara itu, versi terakhirnya adalah BlackBerry 10 yang diperkenalkan pada tahun 2013. BlackBerry 10 memiliki sejumlah fitur unggulan, seperti dukungan layar sentuh, fungsi multitasking, layanan BlackBerry Hub, virtual keyboard yang lebih baik, Voice control dan BlackBerry Assistant.

7. Yun OS

Terakhir adalah Yun OS atau dikenal juga dengan nama Aliyun OS. OS hape ini dikembangkan oleh anak perusahaan Alibaba bernama AliCloud dengan mengutamakan fungsi komputasi awan (cloud) yang diaplikasi ke perangkat mobile.

Terhitung pada bulan Mei 2016, penetrasi dari OS hape ini sudah mencapai 70 juta orang dengan pertumbuhan yang meningkat drastis hingga 700% dari tahun sebelumnya. Tidak hanya untuk hape, Yun Os pun kini dikembangkan lebih luas, salah satunya pada mobil pintar bernama CarOS Roewe RX5 yang rilis tahun lalu.

Baca juga artikel:

Evolusi iOS Apple Dari Masa ke Masa

Update iOS 10 Terbaru Untuk iPhone dan iPad Dirilis, Cek Hapemu

Deretan Smartphone Android O! Punya Kamu Ada Gak?

Artikel Lainnya

Komentar