Ban Motor Cepat Gundul? Hilangkan 5 Kebiasaan Ini!

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 15 Agu 2017 | 18:10


Lima kebiasaan ini bisa di anggap penyebab ban motor cepat gundul, sehingga bisa berdampak pada keselamatan pengendara.

Ban menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah sepeda motor yang tidak bisa diremehkan. Komponen inilah yang mendukung laju motor agar lebih nyaman dan aman. Salah satu yang sering ditemukan adalah ban motor cepat gundul. Ban motor yang gundul memiliki dampak negatif dan membahayakan. Lihat saja berbagai kasus kecelakaan di tv akibat ban motor gundul. Sehingga tidak heran harga ban motor baru terbilang mahal.

Banyak faktor penyebab ban motor cepat gundul, salah satunya adalah pengendara motor sering abai dalam merawatnya. Atau penyebab ban motor cepat gundul bisa disebabkan salah dalam cara berkendara. Padahal ban motor umumnya di desain untuk bisa bertahan selama 1,5 sampai 2 tahun. 

Untuk kamu yang sering berkendara, berikut ini kebiasan penyebab ban motor cepat gundul:

1. Jarang Membersihkan Ban


Salah satu hal yang sering dilewatkan banyak pengguna roda dua dalam merawat kendaraanya adalah jarang membersihkan ban motor. Ini merupakan salah satu penyebab ban motor cepat gundul. Padahal ban motor setiap harinya selalu melindas berbagai zat atau benda yang bisa memicu kebotakan pada ban. Maka dari itu, selalu pastikan kamu membersihkan ban motor kamu setiap selesai berkendara.

Hal ini sangat bermanfaat. Selain untuk membersihkan ban motor dari berbagai kotoran. Kamu juga bisa mengecek ban motor dari paku atau benda berbahaya lainnya. Untuk membersihkan ban motor, kamu bisa menggunakan sabun khusus dan sikat sampai bersih dari kotoran yang menempel.

Ingat hindari penggunaan sabun colek atau detergen bubuk yang dapat mengurangi umur ban. Jika malas membersihkan ban motor, cukup basahi dan sikat, setelah itu bilas dengan air bersih. Bila musim hujan, pastikan kamu selalu membersihkan ban motor sesudah berkendara.

Apalagi, bila ada kerikil atau lumpur yang tertinggal di sela-sela kembangan ban. Jika dibiarkan, kotoran membuat ban mengeras dan bisa membuat ban cepat retak.

2. Sering Berkendara dengan Tekanan Angin Rendah

image via sportrider

Penyebab ban motor cepat gundul lainnya adalah sering berkendara dengan tekanan angin rendah. Hal ini terjadi karena banyak pemilik motor yang jarang mengecek tekanan angina ban motor. Padahal lambat laun tekanan angin dalam ban motor akan berkurang.

Ingat tekanan angin pada ban motor yang berkurang membuat luas permukaan ban yang bergesekan dengan aspal jalanan juga semakin besar. Temperatur ban pun semakin tinggin sehingga tapak ban akan lebih mudah aus.

Maka untuk menghindari ban motor cepat gundul, pastikan untuk rajin mengecek tekanan angin. Sesuaikan tekanan angin dengan seting pabrikan.

3. Sering Mengangkut Beban Berat

image via riding-the-usa

Kesalahan lain penyebab ban motor cepat gundul adalah sering digunakan untuk mengangkut beban berat. Padahal setiap ban motor memiliki batas maksimum untuk mengangkut beban. Jika melebihi batas yang sudah ditentukan maka tekanan ban ke aspal jadi lebih kuat.

Alhasil, gesekan antara ban dan jalan aspal pun semakin meningkat dan membuat ban motor cepat gundul. Ban motor bertambah cepat aus, bila kondisi tekanan angin pada ban juga berkurang. Apabila hal ini terus kamu lakukan, maka akan memicu kebotakan pada ban motor juga cepat.

Maka dari itu, gunakan ban motor sesuai dengan kebutuhan barang bawaan kamu. Kamu bisa mengecek petunjuk atau informasi yang ada di sisi samping ban.

4. Memarkir Motor dengan Standar Samping


Kebiasaan ini terbilang sepele namun bikin ban motor cepat gundul. Pasalnya, memarkir kendaraan sepeda motor dengan menggunakan standar samping akan membuat beban motor terpusat di satu sisi. Ini membuat kualitas ban motor menurun pada satu sisi saja. Tidak hanya itu, ban pun cepat aus karena beban motor terpusat pada satu sisi saja. Shockbreaker pun menjadi condong ke kiri dan menekan ban motor sebelah kiri. Tak heran, ban motor bagian kiri menjadi cepat aus.

5. Cara Berkendara yang Salah

Cara berkendara yang salah juga sering membuat ban motor cepat gundul. Sebut saja sering mengendarai motor dengan ugal-ugalan serta memacu motor dengan kecepatan tinggi. Hal ini justru membuat kamu sering melakukan pengereman. Padahal pengereman yang mendadak dan terlalu sering membuat ban motor cepat gundul.

image via youtube

Hal ini terjadi karena gesekan antara aspal dan ban akibat pengereman. Selain itu, sering berkendara menikung juga membuat umur ban berkurang. Pasalnya, gesekan yang didapatkan ban saat berbelok tajam akan kuat dan mengikis kulit ban secara perlahan.

Maka dari itu, usahakan untuk melaju dalam kecepatan yang stabil agar ban motor awet. Hindari melakukan pengereman dan akselerasi mendadak agar ban lebih awet.

Demikian kebiasan yang bikin ban motor kamu cepat botak. Bila ban motor sudah melebihi batas keausan, ban harus segara diganti agar perjalanan motor tetap nyaman, Pilih ban dengan daya cengkeram maksimal untuk menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara. Setidaknya tahu tanda kamu harus mengganti ban motor sebelum terlambat

Baca juga artikel :
Jangan Malas! Lakukan 10 Cara Ini Agar Ban Motor Awet
5 Penyakit Motor Matic Ini Jadi Langganan Bengkel Motor Matic
Motor Matic Boros Bensin, Ini Alasannya!

Artikel Lainnya

Komentar

evanyzd 12 Juni 2017 - 16:41
itu nomor 4 motor siapa sih kotor banget wkwkwkw
Bima Satria 14 Juni 2017 - 14:18
gundul bikin licin. Jangan sampai gundul deh