Diperbaharui pada Kamis, 17 September 2020 | 16:47

Ngeri! 6 Akibat Aneh Jika Terlalu Lama Main Game

Duduk berjam-jam menghabiskan waktu dan bermain game kesayangan memang menyenangkan. Apalagi setelah seharian bergelut dengan dengan rutinitas yang membosankan di kantor atau kampus.

Tentunya bermain game favorit dapat menjadi obat penawar yang paling mujarab dari kejenuhan di tempat kerja. Namun perlu disadari bahwa terlalu lama bermain game juga akan memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh kita.

Mulai dari masalah kesehatan sampai interaksi sosial akan terganggu. Oleh karena itu kami akan mengulas dampak negatif apa saja yang dapat terjadi jika kita terlalu lama bermain game.

Berikut ulasannya:

1. Mengganggu Kesehatan Mata

image via thinkaoutyoureyes

Mata adalah organ yang paling utama terkena dampak jika kamu bermain game berlama-lama. Dalam waktu singkat akan membuat mata cepat lelah, iritasi dan juga membuat mata menjadi merah.

Namun dalam jangka waktu lama radiasi yang dipancarkan oleh layar PC atau laptop dapat membuat mata cepat lelah dan pada akhirnya akan menurunkan tingkat kemampuan mata (minus, plus bahkan silinder) dalam melihat suatu objek.

2. Menyebabkan Cedera Pada Tangan

Terlalu lama bermain game juga dapat membuat tubuh kita mengalami cedera. Antara lain adalah carpal tunnel syndrome adalah tekanan pada saraf di pergelangan tangan.

Carpal tunnel syndrome diakibatkan oleh kebiasaan bermain game yang terlalu lama sehingga membuat pergelangan tangan cedera disebabkan tekanan tangan pada saat memegang mouse.

3. Jam tidur Tidak Teratur

image via moweble

Bagi kamu pecinta game yang memiliki pekerjaan harian di kantor atau memiliki kegiatan yang rutin, tentu hanya akan memiliki waktu yang terbatas untuk bermain game.

Solusinya adalah bermain game selepas pulang kantor. Namun jika tidak pandai mengatur waktu, kamu akan kewalahan antara mengatur waktu tidur dan bermain game.

Yang ditakutkan jika anda terlalu addict dalam bermain game adalah kamu akan lebih mengorbankan waktu tidur untuk bermain game yang berujung pada terbengkalainya pekerjaan di kantor yang harusnya lebih menjadi prioritas utama.

4. Interaksi Sosial Terganggu

Dampak lain yang terjadi adalah terganggunya hubungan interaksi sosial terhadap lingkungan sekitar. Banyak riset membuktikan bahwa terlalu lama bermain game dapat mempengaruhi interaksi sosial.

Dalam banyak kasus bermain game lebih dari 6 jam sehari dapat membuat kamu kehilangan mood dalam mengerjakan pekerjaan. Selain itu kamu akan dianggap sebagai orang yang anti sosial dan menjadi orang yang lebih “aneh” dari sebelumnya.

Pada beberapa kasus game yang mengandung tema tindak kekerasan, bullying dan anarkisme akan cenderung membuat anda lebih agresif dalam menyikapi suatu persoalan.

image via cnn

5. Membuat Kantong Kempes

Dampak yang kurang disadari secara langsung oleh para gamer adalah bahwa game yang mereka mainkan banyak yang tak gratis alias mereka harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli pack atau base game tertentu. Untuk beberapa game memang tidak terlalu menguras kocek.

Game seperti yang ada di Steam ada beberapa yang gratis. Namun jika kamu adalah penggemar game konsol atau game online RPG maka untuk dapat memainkannya perlu membeli kaset atau pack game tertentu.

Dan jika sudah keranjingan, maka uang didompet yang jadi korbannya tanpa memperhatikan seperti apa neraca keuangan.

6. Prestasi Akademik Menurun

Bagi mereka yang masih berada di bangku sekolah dan kulah tentu akan sangat mudah memiliki waktu untuk bermain game. Banyak orang tua yang mengeluh bahwa anak mereka turun nilai akademiknya dikarenakan bermain game.

Menghabiskan waktu sepanjang hari bahkan banyak yang begadang sampai pagi sudah menjadi kebiasaan yang seolah menjadi hal yang wajar.


Selanjutnya yang terjadi adalah ketika pagi hari akan berangkat ke sekolah banyak yang bangun kesiangan atau bahkan tidak berangkat ke sekolah.

Di sekolah atau kampus banyak anak yang tidak memperhatikan pelajaran serta tak jarang tidur dikelas. Hasilnya sudah bisa ditebak, nilai mereka turun drastis banyak yang bermasalah di sekolah masing-masing. Jika sudah seperti ini siapa yang disalahkan?

Selain akibat yang ditimbulkan diatas masih banyak akibat-akibat lain yang dapat ditimbulkan karena terlalu lama bermain game. Namun bagi anda yang sudah terlanjur mencintai bermain game tentu tak perlu khawatir.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti diatas, kamu hanya perlu menyiasatinya dengan bijak.

Misalnya melakukan penjadwalan yang teratur dan membatasi waktu dalam bermain game, memilih hari libur untuk bermain game, memilih dengan bijak game yang akan dimainkan.

Dengan perencanaan yang baik tentu dampak-dampak negatif yang timbul akibat bermain game terlalu lama tentu tidak akan muncul. Untuk itu, jadi gamer yang bijak ya!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.