Kegunaan Kamera Ponsel Selain Buat Motret

Oleh Aristia Fatmawati updated Senin, 17 Apr 2017 | 12:07

Image via Livefortech

Kamera ponsel menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen, mengingat saat ini banyak konsumen membeli ponsel dengan tujuan utama untuk mengabadikan momen ‘narsis’. Banyak perusahaan berlomba menciptakan smartphone disertai kamera yang canggih.

Kegunaan kamera pada smartphone yang awalnya hanya digunakan sebagai media motret atau selfie kini telah berubah bahkan semakin kreatif. Kamera ponsel cerdas juga bisa digunakan untuk hal-hal lain yang menarik, apa saja kegunaannya berikut akan kami jelaskan, simak ya.

1. Ngaca dengan Kamera Depan

Kamera yang terdapat pada ponsel kini telah berkembang pesat, sehingga kualitas kamera kedua atau kamera depan juga semakin baik. Oleh karena itu fitur kamera depan banyak digunakan selain untuk selfie saja. Ketika dalam keadaan kepepet tidak ada kaca, tenanglah Anda bisa memanfaatkan kamera depan untuk mengaca. Tentu lebih jelas dan terlihat nyata dan lebih praktis, karena ponsel adalah teman setia yang selalu digenggam.

2. Scanner Dokumen

Kecanggihan fitur kamera membuat fungsinya juga semakin beragam. Kini Anda bisa memanfaatkan kamera depan sebagai alat scan dokumen. Caranya mudah, mirip saat memotret suatu objek gambar. Cukup meletakkan dokumen yang ingin dipindai, lalu arahkan kamera pada dokumen dan potretlah. Dokumen yang dihasilkan bisa disimpan dengan format PDF ataupun JPEG. Mudah bukan.

3. QR-Code Scanner

Image via Shutterstock

Saat ini banyak dijumpai kode batang berbentuk bintik-bintik kecil atau disebut sebagai BarCode atau QR Code. Selain untuk scanner dokumen, kecanggihan kamera ponsel bisa juga digunakan untuk scanner barCode. Caranya sama seperti memindai dokumen cukup arahkan kamera ponsel pada barrkode tertentu. Hasil pemindainnya bisa kita lihat berisi suatu informasi seperti nama dan harga barang bahkan dalam beberapa barkode dapat memuat dokumen atau link web tertentu.

4. Kamera Webcam dan CCTV

Image via YouTube

Semua aktivitas seolah harus selalu terpantau. Hal inilah yang menjadikan alih fungsi kamera ponsel. Kamera ponsel ternyata juga bisa digunakan sebagai webcam di laptop. Sayangnya supaya bisa digunakan haruslah menginstal aplikasi pendukung lewat Google Playstore. Selain itu untuk pengawasan dan keamanan kamera ponsel dapat juga digunakan sebagai CCTV. Nah keren kan?

5. Sebagai Depth Sensing

Image via 3dprint

Kemampuan mengukur kedalaman suatu objek atau depth sensing sekarang ini bisa dinikmati sebagai kegunaan lain fitur kamera ponsel cerdas Anda. Caranya sama seperti memotret suatu objek. Dengan fitur ini semakin meningkatkan pentingnya kegunaan ponsel dalam kehidupan. Kedepannya kamera dengan fitur depth sensing akan mampu mengubah ponsel cerdas menjadi sarana pemindai objek tiga dimensi dengan kualitas tinggi. Menakjubkan kan!

6. Menjadi Game Augmented Reality

Image via IndianExpress

Fitur augmented reality saat ini dapat ditemui dalam beberapa game misalnya game Pokemon Go. Dalam permainan ini fitur kamera dimanfaatkan untuk mengubah lingkungan sekitar yang biasa-biasa saja berubah menjadi dunia baru penuh dengan warna dan hal yang luar biasa karena dipadukan dengan keberadaan monster-monster digital. Populernya Pokemon Go membuat produsen ponsel cerdas kini sungguh-sungguh menggarap potensi kegunaan kamera augmented reality.

7. Mencari Tahu Rasi Bintang

Image via YouTube

Sekarang jika ingin mencari tahu rasi bintang yang Anda lihat cukup mudah. Melalui aplikasi semacam Star Chart dan Goggle Skymap, pengguna smartphone dapat dengan mudah melihat rasi bintang. Caranya gampang kok, ikuti saja arahan kamera pada aplikasi untuk menemukan rasi bintang tertentu. Hebatnya lagi rasi bintang yang terekam kamera dilengkapi juga dengan informasi singkat nama-nama rasi bintang tersebut. Canggih kan.

8. Jepret Tulisan Dosen di Papan Tulis

Image via SMH.com.au

Cacatan yang ditinggalkan dosen di papan tulis cukup banyak dan malas mencatat, manfaatkanlah kamera yang ada di ponsel cerdas. Kegunaan kamera lainnya juga dapat merekam tulisan dosen yang ada di papan. Tinggal jepret saja dengan kamera, mudah bukan. Cara ini dipandang lebih efisien daripada harus mencatat karena dapat mempersingkat waktu.

9. Jepret Halaman Buku yang Nggak Bisa Dipijam di Perpus

Kamera ponsel anda sangatlah berguna ketika berada di perpus. Jika ada buku penting yang harus kita baca, tetapi tidak boleh dipinjam kamera memiliki peran penting. Ya dengan kamera ponsel jepret saja halaman yang anda inginkan. Dengan begitu halaman penting itu dengan mudah berada di genggaman.

10. Alat penerjemah atau Translator

Image via sannewz

Kamera ponsel anda dapat juga digunakan untuk menerjemahkan bahasa asing. Saat melihat benda dengan tulisan berbahasa asing misalnya bahasa Inggris, China, atau Latin yang tidak dapat dimengerti cukup manfaatkan kamera ponsel. Kamera ponsel dapat dengan mudah menerjemahkan kata tersebut. Syaratnya harus terhubung dengan aplikasi penerjemah yang ada pada aplikasi google lalu pilihlah bahasa yang anda mengerti. Arahkan saja kamera ponsel pada tulisan yang ingin diterjemahkan seketika Google akan menerjemah sesuai bahasa yang anda pilih.

11. Kacamata Dadakan

Masalah serius muncul apabila ingin membaca, tetapi kacamata yang membantu penglihatan minus atau plus tertinggal. Jangan khawatir kamera ponsel pasti selalu dibawa kemana-mana. Gunakanlah ponsel pintar untuk melakukan aksi menggantikan kacamata. Tulisan tersebut akan terbaca hanya berbekal kamera ponsel yang anda arahkan ke tulisan sesuai dengan tingkat perbesaran yang anda butuhkan.

12. Pembanding Harga Saat Belanja

Ketika belanja pasti akan mendatangi toko dengan harga yang paling murah. Nah supaya mengetahui toko mana yang paling murah caranya sangat mudah. Manfaatkanlah kamera yang ada pada ponsel. Jepretlah harga tersebut. Kunjungilah toko lain yang menawarkan harga murah lalu gunakan hasil jepretan itu untuk membandingkan harga.

13. Pengingat Tempat Parkir

Kemungkinan lupa saat memarkir kendaraan anda di tempat parkir mal atau bandara dapat diatasi dengan mudah. Cukup manfaatkan kamera ponsel. Jepretlah kendaraan dan pastikan terlihat tanda bangunan atau hal yang mudah ditemukan saat mencarinya. Cara ini bisa berguna juga saat mengunjungi daerah yang belum diketahui. Jepretlah tanda-tanda jalan dekat hotel, sehingga mudah mengingat dan menemukannya.

14. Konfirmasi Tiket

Saat akan menonton film atau bepergian ke suatu tempat biasanya memesan tiket dengan cara online. Untuk keperluan itu pasti perlulah menyimpan kode atau nomor tiket. Caranya mudah saja, cukup jepret dengan kamera ponsel Anda jumlah konfirmasi di layar komputer, file akan otomastis masuk dalam memori ponsel. Tak perlu khawatir tertinggal atau hilang kan.

15. Visualisasi Dimensi Produk

Apabila ingin mendekorasi rumah tentu bisa dengan membeli beberapa furnitur baru. Kesalahan yang sering terjadi adalah Anda lupa mengukur ruang yang akan ditempati, nah solusinya cukup mudah. Ambillah gambar dengan kamera ponsel dengan berbagai dimensi item mulai dari bagian depan hingga belakang. Ketika sampai rumah ukurlah ruang yang akan ditempati.

Tak disangka banyak juga kegunaan kamera ponsel selain untuk memotret objek atau bernarsis ria. Setelah mebaca ini mungkin akan mempratikkan salah satu fungsi yang baru Anda ketahui.

Baca juga artikel:
Mengenal Fungsi Smartphone Untuk Mudik
Yuks, Buat Tubuh Sehat dan Tidur Makin Nyenyak Pakai 5 Aplikasi Ini
7 Fakta Unik Kegunaan Hape, Kamu Suka yang Mana?

Artikel Lainnya

Komentar