Cara Update Android Nougat di ASUS Zenfone 3 dan Fitur yang Dibawanya

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 16 Mar 2017 | 11:35

Setelah menanti cukup lama, update software Android Nougat akhirnya datang juga ke jajaran produk ASUS Zenfone 3 series. Sebelumnya, ASUS telah merilis update sistem ini untuk ASUS Zenfone 3 Deluxe. Namun, mulai 8 Maret lalu, perangkat ASUS Zenfone 3 series lainnya sudah bisa mendapat update sistem terbaru Google ini secara OTA. Setidaknya, dibutuhkan memori internal 1,5 GB untuk bisa mendapatkan update ini.

Dalam update Nougat ini, ASUS menghadirkan sejumlah tweaks dan perbaikan bug agar performa hape ASUS Zenfone 3 maksimal. Setelah update selesai diharapkan Android 7.0 membawa performa sentuhan yang lebih baik hingga menghapus beberapa aplikasi yang tidak berguna. Selain itu, terdapat berbagai fitur khas Nougat yang sudah bisa digunakan di hape ASUS ini.

Lalu, apa saja fitur baru yang dihadirkan dalam update Android Nougat untuk ASUS Zenfone 3? Berikut ulasannya

1. Baterai dan RAM Semakin Hemat

Baterai dan RAM menjadi sektor penting dalam sebuah hape Android saat ini. Pasalnya, meski RAM besar, sejumlah aplikasi juga memakan RAM kian besar. Hal inti tentu membuat hape bekerja lebih keras dan juga mempengaruhi kondisi baterai.

Untuk itulah Google dalam menghadirkan sistem Android membekali pula dengan sistem power saver. Sistem ini memang sudah disempurnakan dalam Android Marshmallow. Namun, dalam Android Nougat, Google menghadirkan sistem pengaturan RAM dan sistem hemat baterai yang lebih sempurna. Bahkan dengan update Nougat ASUS Zenfone 3 lebih hemat RAM. Alhasil ketika digunakan multitasking, hape terasa lebih lancar.

2. Quick Settings Baru

Image via www.asus-zenfone.com

Bagi sebagian pengguna mengakses sesuatu di hape haruslah serba cepat. Maka dalam update Nougat, ASUS menghadirkan quick settings baru. Dalam fitur ini, pengguna bisa mengubah quick settings sesuai dengan kebutuhan tanpa harus melakukan root dulu di Zenfone 3. Pengguna bisa menambahkan aplikasi – aplikasi favorit di Quick settings.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.quinny898.app.customquicksettings&hl=en

3. Multi Windows

Image via www.asus-zenfone.com

Fitur ini awalnya dikembangkan Samsung dalam Samsung Galaxy Series. Namun, Google ternyata ikut menghadirkan fitur multi windows dalam Android Nougat sehingga bisa digunakan berbagai hape lainnya. Dengan update Nougat, pengguna bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan di satu layar ASUS Zenfone 3 dengan mudah. Alhasil, pengguna bisa menyelesaikan dua kerjaan sekaligus.

4. Membalas Pesan Lebih Mudah

Salah satu fitur unik yang dihadirkan dalam update Android Nougat ialah Quick Reply. Fitur ini memungkinkan pengguna ASUS Zenfone 3 untuk lebih mudah membalas pesan WhatsApp, BBM, Email hingga SMS langsung dari Notifikasi.

Selain itu, dalam ASUS Zenfone 3 Android Nougat terdapat juga fitur Notification bundle. Dengan fitur ini semua notifikasi akan dikumpulkan dalam satu bagian agar tidak berantakan. Uniknya, setiap kali mengklik satu notifikasi, semua pesan yang belum dibaca akan muncul dan bisa langsung dibalas.

Selain itu, dalam update Android Nougat, pengguna ASUS Zenfone 3 juga sudah bisa mengatur notifikasi dari setiap aplikasi yang masuk.

5. Lebih Cepat Mengatur Hape

Update Nougat juga menghadirkan fitur pengaturan baru. Pengguna bisa dengan mudah dan cepat berpindah dari satu pengaturan ke pengaturan lain. Kamu cukup swipe dari kiri ke kanan, opsi pengaturan utama di Zenfone 3 akan muncul.

Cara Update Android Nougat

Bila kamu pengguna ASUS Zenfone 3 ZE520KL dan telah mendapat notifikasi pembaruan sistem, maka segera klik pembaruan sistem itu untuk mengunduh file yang dimaksud. Namun, sayangnya cara ini sering gagal dan membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil karena file yang diunduh cukup besar. Tidak lupa sebelum melakukan update sistem, kamu harus sudah melakukan back up data di hape.

Bila masih belum ada pemberitahuan update sistem, kamu bisa coba masuk ke settings > about > System update. Nantinya akan muncul informasi update Android nougat dengan file 1,2GB.

Setelah file berhasil terunduh, jangan langsung diinstal. Sebaiknya pengguna ASUS Zenfone 3 melakukan wipe cache partition melalui recovery mode. Caranya matikan hape. Setelah itu, telah volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Gunakan tombol volume untuk navigasi dan pilih Wipe Cache Partition. Setelah selesai pilih reboot.

Bila langkahnya benar, ketika hape dinyalakan akan muncul notifikasi dan ikuti petunjuknya. Memang butuh waktu yang lumayan lama. Tunggu hingga semua proses selesai.

Itulah cara update Android Nougat pada ASUS Zenfone 3 agar kian optimal. ASUS Zenfone 3 ZE552KL sendiri hadir dengan desain yang cukup mewah. Hape dengan tebal 7,7 mm ini hadir dengan layar berukuran 5,5 inci IPS+ dan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels. Pada bagian mesin, ASUS Zenfone 3 dipasangi chipset qualcomm Snapdragon 625. Prosesor ini akan disokong RAM 4GB. Untuk kamera, ASUS menggunakan kamera 16 MP dan kamera depan 8 MP.

Baca juga artikel:
ASUS Zenfone 3 Go Muncul, Seperti Apa Spesifikasinya?
Review Asus Zenfone 3 Max ZC553KL: Layar Lebih Lebar, Baterai Tetap Gahar
ASUS Zenfone 3 Deluxe, Hape RAM 6GB dengan Kamera 23MP

Artikel Lainnya

Komentar