5 Alasan Membeli Smartphone Black Market Sangat Merugikan

Oleh Aris Wibowo on Senin, 08 Agu 2016 | 00:45

Smartphone perlahan menjadi sebuah alat kebutuhan manusia yang cukup penting. Tak heran, smartphone mulai umum digunakan banyak orang dan bukan lagi sebuah barang yang mewah. Walaupun demikian, ternyata masih ada beberapa pengguna yang mencari smartphone dengan harga yang murah.

Tentu harga yang murah ini tidak menghadirkan kualitas bagus. Pasalnya, banyak orang yang lebih mengoptimalkan gaya dibanding pentingnya garansi maupun kualitas.

Tak heran pasar gelap atau black market menjadi area yang dipilih para pengguna untuk mencari smartphone baru. Dalam pasar tersebut, pengguna bisa mendapatkan ponsel dengan merek dunia dengan harga yang lebih terjangkau. Tak hanya itu, pengguna juga mencari smartphone black market karena ada beberapa ponsel kelas dunia yang ternyata tidak dijual di pasar Indonesia.

Namun tahukah kamu kalau membeli smartphone black market bisa berbahaya bahkan merugikan. Biar tidak salah langkah, berikut alasan kalau membeli smartphone black market bisa merugikan.

Garansi yang Tidak jelas

Salah satu kerugian dari membeli smartphone black market ialah garansi yang tidak jelas. Seperti yang diketahui garansi menjadi bagian penting dalam sebuah pembelian smartphone. Sayangnya, biasanya penjual smartphone black market memberikan garansi personal sekitar 2 minggu hingga 1 bulan saja. Kerugian lainnya, garansi ini juga tidak menjamin smartphone yang kamu beli bisa segera diperbaiki bila rusak.

Smartphone Black Market Tidak Selalu Mulus

Namanya juga produk pasar gelap atau illegal, biasanya smartphone yang dibeli biasanya tidak datang kondisi seperti yang barang resmi. Beberapa kerusakan yang tidak terlihat seperti layar dan kamera yang kurang baik biasanya menghinggapi produk-produk black market. Lebih parahnya lagi, beberapa smartphone bisa saja mulus dalam hal bodi luar namun hardwarenya mengalami kerusakan. Bila ponsel ini sudah ada dipasaran Indonesia tentu akan mudah memperbaikinya karena akan ada suku cadangnya. Namun, bila ponsel black market yang kamu beli tidak dirilis di Indonesia. Hal ini bisa menjadi bencara karena kamu akan kesulitan mencari suku cadang yang sesuai.

Aksesoris yang Tidak Asli

Alasan membeli smartphone black market merugikan karena aksesori yang dibawa smartphone bisa jadi bukanlah aksesoris yang asli. Faktanya, banyak smartphone black market yang dijual dengan aksesoris abal-abal. Jadi waspadalah.

Jadi, dengan membaca alasan diatas, masih mau beli smartphone black market?

Baca juga artikel:
Update Harga Xiaomi Mi4 LTE dan Xiaomi Redmi Note 3 Pasca Razia
Tips Membeli Laptop Bekas yang Murah dan Berkualitas
Tips Merawat Baterai Kamera Digital Agar Lebih Awet

Artikel Lainnya

Komentar