Mengenal Fungsi Smartphone Untuk Mudik

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 28 Jun 2016 | 10:45

Pulang kampung atau mudik lebaran merupakan tradisi wajib di Indonesia. Rutinitas tahunan ini bahkan paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Namun, terkadang perjalanan mudik tak selamanya menyenangkan. Terkadang kamu bisa terjebak kemacetan hingga lawa waktu perjalanan yang tidak bisa dipastikan. Walaupun demikian, tetap saja mudik tetap dilakukan tiap tahunnya. Yang terpenting, kamu harus mempersiapkan matang-matang agar perjalanan tetap menyenangkan atau setidaknya tidak membosankan. Salah satu hal yang tidak boleh terlupa tentu menyiapkan smartphone selama perjalanan. Tidak sekadar sebagai alat komunikasi, Smartphone ternyata memiliki beragam fungsi yang bisa membantu perjalanan mudik.

Apa saja fungsi smartphone untuk mudik?

Mendengarkan musik

Untuk kamu yang memilih mudik dengan transportasi umum, terkadang ruang gerak penumpang terbatas dan bosan sering melanda. Hal ini bisa membuat pikiran jenuh dan mumet sehingga mudik tidak lagi menyenangkan. Disinilah smartphone memiliki fungsi untuk memutar musik.

Dengan mendengarkan musik menggunakan smartphone dapat mengusir kejenuhan dan penat saat mudik. Bahkan ketika mendengarkan lagu favorit, bisa memperbaiki suasana hati. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa meningkatkan kesehatan selama perjalanan.

Dikutip dari situs Dailymail, musik ternyata mempengaruhi sistem taraf otonom. Fungsi saraf ini mengontrol gerakan tak sadar pada tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, fungsi otak dan sistem limbic yang mengatur emosi.

Membaca ebook atau browsing

Selain mendengarkan musik, fungsi smartphone untuk mudik lainnya ialah untuk membaca ebook atau browsing. Kamu bisa mengisi perjalanan mudik dengan membaca. Kamu tidak perlu membawa banyak buku atau majalah. Cukup menggunakan smartphone dan membaca ebook. Selain itu, kamu juga bisa browsing berbagai situs internet untuk mengusir kejenuhan. Apalagi, saat ini makin banyak ponsel yang sudah support fitur 4G sehingga browsing kian cepat.

Bermain game

Jika membaca terasa membosankan, kamu bisa bermain game di smartphone. Kamu bisa mencoba bermain game sederhana bertema endless runner atau game memutar otak RPG, Puzzle dan jenis game lannya. Kamu bisa mengunduh game-game terbaru di Play Store maupun iTunes.

Menonton video

Kamu juga bisa memanfaatkan smartphone untuk menonton video. Apalagi bila smartphone yang kamu gunakan sudah berlayar lebar dan memiliki resolusi tinggi, menonton video akan menyenangkan mengusir kebosanan saat mudik. Yang terpenting, smartphone milikimu haruslah memiliki baterai berkapasitas besar agar smartphone bisa digunakan cukup lama.

Mencari rute alternatif

Kamu juga bisa mencari jalan alternatif menggunakan smartphone. Kamu bisa memakai berbagai aplikasi navigasi untukmemudahkan mudik khususnya bila menggunakan kendaraan pribadi.

Dengan semua fitur di smartphone saat ini yang cukup lengkap, tentu mengisi waktu selama perjalan mudik bukan lagi sebuah persoalan.

Baca juga artikel:
Pemudik Disarankan Gunakan Aplikasi Navigasi Demi Mudik yang Aman dan Nyaman
Obeng, Aplikasi Mudik Untuk Cari Lokasi Bengkel Motor dan Mobil
Aplikasi Peta Mudik Metro TV Bikin Mudik Kian Asyik

Artikel Lainnya

Komentar