5 Aktivitas di Smartphone Android yang Terus Dipantau oleh Google

5 Aktivitas di Smartphone Android yang Terus Dipantau oleh Google

Oleh Jingga Prasetya on Selasa, 19 Jan 2016 | 13:26

Google adalah salah satu raksasa internet yang memiliki ratusan juta data pengguna. Data pengguna tersebut didapatkan Google dari banyaknya pengguna internet di dunia yang mendaftar dan beraktivitas  ke berbagai layanan Google.

Data pengguna tersebut tentunya sangat berharga mengingat saat ini, data pengguna lebih dari sekadar “mata uang”. Data-data yang tersimpan juga tak hanya sekadar informasi pengguna melainkan aktivitas pengguna tersebut.

Google bisa melakukan hal itu karena Google punya sistem tracking untuk memantau aktivitas penggunanya. Apalagi pengguna Android (yang notabene punya Google) mudah sekali dilacak aktivitasnya untuk kemudian disimpan sebagai “database’ di Google.

Aktivitas yang biasanya dipantau di Google pada pengguna Android, diantaranya sebagai berikut

1. Aktivitas Pencarian Melalui Google Now

Google Now merupakan aplikasi perintah suara yang memungkinkan pengguna untuk mencari sesuatu dengan hanya ucapan atau suara saja. Saat pengguna melakukan hal ini, Google mencatat segala perintah suara penggunanya agar bisa membaca kebiasaan pengguna tersebut.

2. Memantau Aktivitas Internet Lewat Chrome
Google Chrome merupakan browser yang banyak digunakan orang, terutama pengguna Android. Chrome dianggap mampu melakukan berbagai tugasnya dengan baik sehingga banyak orang yang puas. Tetapi, aktivitas internet melalui Google Chrome ini dengan mudah dipantau Google.

Google memantau aktivitas situs yang dikunjungi pengguna, apa yang dicari di mesin pencari Google, sampai aktivitas klik dan hal-hal yang diketik pun dengan mudah dipantau oleh Google. Apalagi jika pengguna, menggunakan Chrome dengan login ke akun Google mereka.

Baca juga 5 Aplikasi Android Terbaik Versi Google Indonesia

3. Memantau Lokasi

Google dengan mudah membaca lokasi penggunanya, jika fitur lokasi pada smartphone Android mereka dinyalakan. Dengan fitur ini, Google bisa membaca lokasi mana saja yang dikunjungi pengguna. Pemantauan lokasi ini dilakukan Google agar nantinya Google bisa menampilkan informasi kepada pengguna sesuai kebiasaan dan tempat yang sering didatangi.

4. Aktivitas Menonton di Youtube

Ketika pengguna menonton video di Youtube, Google akan memantau video apa saja yang ditonton. Google akan memaca kebiasaan pengguna dalam menonton jenis video. Misalnya, seorang pengguna sering menonton video olahraga gulat di Yotube. Otomatis, Google akan menampilkan video rekomendasi yang berhubungan dengan gulat.

5. Informasi dari Perangkat Android

Ketika seorang pengguna Android memasukan nomor kontak baru, email, akun dan hal lainnya yang tersimpan, maka Google akan membacanya untuk penyesuaian.

Contohnya, jika pengguna mengunduh aplikasi Google Calendar, maka ketika aplikasi tersebut terpasang, Google akan menyelaraskan dengan infor kontak, tanggal lahir, dan sebagainya. Berkat ini, pengguna bisa melihat pada aplikasi Google Calender informasi ulang tahun pengguna, ulang tahun kontak di perangkat pengguna, serta tanggal-tanggal penting lainnya.

Selain aktivitas di Android, Google juga membaca aktivitas penggunanya yang menggunakan perangkat desktop.  Tujuannya tentu untuk membaca kebaisaan pengguna dan menyelaraskan dengan hal-hal yang disuka. Karena hal ini, tidak aneh jika pengguna akan melihat iklan dari Google yang umumnya sesuai dengan minat pengguna.

 

Baca juga artikel

Pemilik Nexus Laporkan Aplikasi Gmail dan Inbox Bermasalah

Adu Aplikasi Perpesanan: WhatsApp VS Facebook Messenger

Aplikasi Keyboard Android Terbaik Akhir Tahun 2015

Artikel Lainnya

Komentar