4 Fitur Smartphone Terbaru Yang Hadir Di Tahun 2015 Lalu

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 06 Jan 2016 | 17:02

Tahun 2015 memang telah berlalu. Namun kalau menengok ke belakang ternyata banyak hal menarik yang terjadi dalam dunia smartphone di tahun 2015 lalu. Selain bermunculannya perangkat smartphone dan tablet kelas premium hingga low-end yang semakin beragam, tahun 2015 juga menjadi awal hadirnya banyak fitur baru yang meramaikan perkembangan industri smartphone. Biar kamu ingat, berikut Pricebook sajikan 4 fitur smartphone terbaru yang hadir di tahun 2015 lalu.

Iris Scanner

Mungkin sebagian dari kamu mengira bahwa Microsoft Lumia 950 atau 950XL sebagai smartphone pertama yang menggunakan fitur iris scanner. Padahal itu tidak benar. Smartphone komersial pertama yang menggunakan iris scanner ternyata ialah Fujitsu Arrows NX F-04G. Smartphone ini dirilis di Jepang pada bulan mei 2015.

Seperti sidik jari, iris pada mata setiap orang juga memiliki pola yang berbeda. Maka tak heran, iris scanner dikembangkan karena dianggap lebih aman dibanding sidik jari. Fujitsu sendiri menggunakan kamera depan berteknologi khusus untuk membaca iris penggunanya. Pengguna bahkan bisa membuka layar dengan iris dalam waktu 0,6 detik saja. Sayangnya, ponsel Fujitsu Arrows NX F – 04G hanya dipasarkan di Jepang saja.

USB Type C

Tahun 2015 juga diramaikan dengan kehadiran ports USB Type C. Produk smartphone pertama yang menggunakan teknologi ini ialah jajaran produk LeTV. Setelah itu, berbagai produk premium juga menggunakan fitur ini seperti OnePlus 2, Nexus 6P hingga Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL.

Dengan tambahan teknologi USB 3.1, pengguna bisa memindahkan data dengan cepat dan bisa mengisi daya lebih cepat.

Baca Juga Game Android Gratis Yang Bisa Kamu Coba di Awal Tahun

Layar Force Touch

Huawei menjadi produsen smartphone yang mengumumkan produknya menggunakan layar sentuh bertekanan yakni dalam seri Huawei Mate S. Produk Huawei ini dirilis pada 5 september 2015. Menariknya, 4 hari kemudian Apple juga merilis iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang mengusung teknologi 3D Touch.

Apple sendiri mengembangkan layar 3D touch dari layar Force touch yang ada di Apple Watch dan Macbook Pro. Dengan teknologi 3D touch, pengguna bisa melakukan navigasi lebih mudah dengan cara menekan layar berdasarkan tingkat kekerasan tekanan.

Fitur layar sentuh bertekanan ini tampaknya akan semakin populer. Sebab rumor yang berkembang, Samsung juga sedang mengembangkan teknologi ini untuk digunakan pada Samsung Galaxy S7.

Layar yang semakin kuat

Layar yang mudah retak atau pecah dalam sebuah smartphone memang menjadi masalah serius. Beberapa produsen pun mulai mengembangkan layar yang lebih kuat dan kokoh. Salah satunya Motorola yang menghadirkan teknologi bernama Shatterproof display dalam Motorola Droid Turbo 2.

Dengan teknologi ini, layar smartphone semakin kuat karena dirancang dengan 5 lapisan khusus. Layar ini juga sangat pas dipasangkan dengan rangka aluminium yang kokoh. Motorola sendiri telah mengklaim teknologi ini sangat tangguh bahkan berani menghadirkan garansi hingga 4 tahun.

 

Baca juga artikel

Pilihan Smartphone High-End Dual Sim Terbaik di 2015

4 Tablet dengan Kinerja Terbaik di Tahun 2015 yang Patut Dibeli

Masih Layakkah Membeli Smartphone Android KitKat Saat ini?

Artikel Lainnya

Komentar