Masih Layakkah Membeli Smartphone Android KitKat Saat ini?

Oleh Aris Wibowo on Senin, 07 Des 2015 | 13:20

Tak bisa dipungkuri tahun ini dunia gadget kedatangan cukup banyak smartphone baru. Tak hanya smartphone berfitur premium, smartphone dengan harga murah pun kini semakin menjamur. Menariknya, diantara sekian banyak smartphone murah yang beredar, rata – rata masih menggunakan sistem Android KitKat. Padahal seperti yang diketahui, Google sudah menghadirkan sistem Android Lollipop hingga yang terbaru sistem Android Marshmallow. Menurut androidpit.com, sebaiknya kamu berpikir ulang sebelum membeli smartphone dengan sistem Android kitkat. Berikut alasannya.

Jarang mendapat update sistem

Sudah menjadi sebuah fakta bahwa smartphone murah jarang mendapat update sistem. Maka bila kamu tipe orang yang mudah bosan dan selalu mengikuti perkembangan dunia gadget, maka smartphone murah dengan Sistem Android kitkat tidak layak kamu beli. Pasalnya, beberapa produsen memang tidak mengutamakan ponsel di segmen low – end untuk update sistem. Walaupun demikian, Sistem operasi Android kitkat masih layak digunakan.

Sistem yang tertinggal

Sistem Android kitkat telah berusia dua tahun. Sistem ini sudah melalui banyak pengembangan. Namun, dengan hadirnya Lollipop dan Marshmallow membuat sistem ini sudah tidak mendapat pengembangan lagi. Dikhawatirkan akan muncul berbagai bug dan celah keamanan.

Baca juga: Smartphone Buatan 2014 Yang Masih Layak Kamu Beli di Akhir Tahun ini

Aplikasi tidak kompatibel

Dengan semakin menjamurnya ponsel Android lollipop dan Android marshmallow tentu akan semakin menjamur pula aplikasi dan game untuk kedua sistem tersebut. Hal ini tentu membuat Android API level meningkat dan membuat beberapa aplikasi lama harus mengudpate sistem mereka agar bisa digunakan di sistem Android terbaru. Maka bisa jadi beberapa aplikasi baru tidak bisa digunakan lagi untuk sistem Android kitkat.

Baterai yang boros

Salah satu kelemahan sistem Android kitkat ialah borosnya baterai. Kamu harus mempertimbangkan hal ini kala membeli ponsel murah kitkat. Hal berbeda sudah Google terapkan pada sistem Lollipop dan Marshmallow. Kedua perangkat sudah dibekali sistem Battery Saver mode sehingga daya baterai bisa lebih lama dan tidak seboros kitkat.

Masih ada pilihan smartphone murah dengan OS Lollipop

Bila kamu terkendala dana untuk membeli ponsel kelas menengah dengan sistem baru, kamu sebaiknya rajin – rajin mencari di toko online atau toko terdekat. Pasalnya saat ini sudah bermunculan ponsel Android lollipop dengan harga yang cukup terjangkau.

Jadi semua kembali kebutuhan kamu, mau tetap beli smartphone Android kitkat atau menabung dulu dan membeli smartphone dengan sistem lebih baru.

 

Baca juga artikel

5 Handphone Sejutaan yang Pas Buat Driver Gojek

8 Hal Ini Mesti Dilakukan Usai membeli Ponsel Baru

10 Pilihan Ponsel Terbaik yang Cocok Buat Kado di Hari Ayah

Artikel Lainnya

Komentar