Apa itu Tripod dan Bagaimana Memilih Tripod Berkualitas?

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 20 Nov 2015 | 16:03

 

Tripod menjadi salah satu aksesoris kamera yang cukup penting dalam proses pemotretan. Tripod merupakan aksesori kamera berbentuk stan kaki tiga yang biasanya dimanfaatkan para fotografer untuk menopang bodi kamera saat memotret. Untungnya, cara menggunakan tripod cukup mudah sehingga kamu bisa memotret dengan lebih nyaman dan sempurna.

Walaupun sepele, tripod memiliki banyak kegunaan. Dengan tripod, kamu bisa meningkatkan ketajaman pada hasil foto saat menggunakan pengaturan ISO rendah dan shutter speed rendah. Tripod membantu kamu mengurangi guncangan sehingga kamera lebih stabil. Kamu juga bisa menggunakan tripod kala memotret landscape dengan lebih baik dan rata.

Tripod juga membuat kamu tidak lagi kerepotan menahan beban kamera saat memotret. Apalagi, bila kamera DSLR menggunakan lensa Tele. Kamera jenis ini cukup berat dan bisa membuat kamu kelelahan sebelum momen menarik datang. Kegunaan lain tripod juga bisa membantu kamu dalam memotret banyak objek atau grup orang. Secara garis besar, tripod akan membuat komposisi foto lebih menarik dan lebih tajam.

Baca juga: 10 Cara Terbaik Pasang Kamera ke Tripod Agar Tak Merusak Kamera

Sayangnya, untuk membeli tripod, tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, tripod bisa menjadi sebuah aksesoris yang cukup lama digunakan. Sehingga bila salah memilih, kamu akan menyesal harus membeli tripod baru lagi. Apalagi harga tripod tidaklah murah. Untuk itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih tripod.

Pertama, kamu harus memahami tripod yang kamu butuhkan. Dalam membeli tripod, kamu harus mempertimbangkan berat tripod. Pasalnya, tripod akan kamu bawa kala memotret. Tentu akan merepotkan bila memilih tripod yang terlalu berat. Kamu juga harus mempertimbangkan kestabilan. Tapi perlu diingat juga bahwa kestabilan saat menggunakan tripod juga berdasarkan pada jenis kamera dan kondisi permukaan tempat memotret. Kamu juga harus memperhitungkan seberapa tinggi tripod. Ketinggian tripod paling ideal ialah mendekati mata kamu.

Kedua, kamu jangan terburu-buru dalam membeli. Kamu harus mengecek diinternet atau toko lokal agar menemukan tripod idaman dengan harga terjangkau.

Ketiga, kamu harus memastikan bahan material dari tripod tersebut. Ingat, tripod berfungsi untuk menahan beban kamera. Jadi gunakan tripod dengan bahan berkualitas. Dipasaran sendiri, tripod biasanya menggunakan bahan aluminium atau carbon fiber.

Setelah kamu memahami kegunaan dan sudah mendapatkan tripod yang kamu butuhkan, kini kamu harus memahami cara menggunakan tripod dengan benar. Berikut ini Pricebook sajikan beberapa cara menggunakan tripod yang mungkin perlu kamu ketahui.

  • Kenali parts-parts yang ada dalam tripod.

Tripod memiliki beberapa bagian tertentu yang perlu kamu ketahui. Setidaknya, terdapat bagian kepala untuk tempat menaruh kamera, bagian pengatur gerakan kamera dan bagian kaki-kaki tripod.

  • Bila sudah mengenali bagian dalam tripod, kamu bisa mulai memasang kamera.

Kamu bisa mulai memasang kamera dengan perlahan. Ada beberapa tripod yang langsung cocok dengan berbagai jenis kamera baik DSLR hingga pocket. Namun, ada juga tripod yang membutuhkan adaptor khusus agar kamera saku bisa terpasang.

  • Bila sudah selesai, kamu jangan lupa untuk mengembalikan tripod ke posisi semula.

Selamat memotret.


  

Baca juga artikel

Ingat Baik-baik 50 Tips Ini Agar Makin Jago Memotret- Part 1

Ingat Baik-baik 50 Tips Ini Agar Makin Jago Memotret- Part II

Mahir memotret Bisa Dimulai Dengan Memahami 10 Hal ini

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 23 November 2015 - 11:43
tips yang sangat bermanfaat, ,makasih