Mengenal Beda RAW dan JPG Serta Memilih Format Foto Digital yang Pas

Mengenal Beda RAW dan JPG Serta Memilih Format Foto Digital yang Pas

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 06 Nov 2015 | 14:07

Dalam dunia fotografi, kamu mungkin mengenal dua file foto yakni RAW dan JPEG. Namun, menariknya, sebagian fotografer lebih memilih menggunakan foto RAW dibanding JPEG. RAW sendiri merupakan file mentah yang memiliki data lebih lengkap dibanding file JPEG. Sehingga dengan foto berformat RAW kamu bisa mengedit foto lebih mudah. Lalu, apa saja keuntungan memotret dengan format foto RAW?

Mengatur White balance

Ketika kamu memotret dengan RAW, kamera tidak akan memproses setting white balance sebuah foto. Jadi, kamu bisa mengubah setting white balance sebuah foto menjadi apapun dengan lebih mudah. Mengatur white balance ini akan berguna saat kamu memotret dalam kondisi pencahayaan yang kompleks dan berubah – ubah. Sehingga bila saat memotret, foto yang dihasilkan kurang bagus, kamu bisa mengeditnya di komputer dengan mudah. Yang menarik, ketika mengubah white balance dalam RAW tidak membuat efek posterisasi seperti saat kamu mengubah white balance dalam file JPEG.

Memulihkan Highlight

Ketika sebuah foto mendapat pencahayaan yang berlebih dan over exposure, membuat foto kehilangan detail dan menjadi tampak putih. Dengan file RAW, kamu bisa mengembalikan detail yang ada. Perlu diingat, Sebuah pixels disusun atas elemen merah (Red), hijau (Green) dan biru (Blue). Maka bila foto terlalu terang maka dipastikan elemen RGB hilang. Maka file RAW bisa saja menyimpan sebagian elemen RGB foto sehingga foto bisa kembali detail.

Baca juga: 5 Perbedaan Kamera Digital Murah vs Kamera Digital Mahal yang Sama Resolusi

Mengedit foto lebih leluasa

Menggunakan file RAW itu seperti menggambar dengan pensil warna berisi 64 warna. Sedangkan memotret dengan JPEG seperti menggambar dengan pensil warna berisi 16 warna saja. RAW membuat kamu bisa leluasa mengedit foto seperti memilih kombinasi warna, mengatur gelap terang dan mengatus sisi halus foto.

Tidak merusak Foto

Salah satu keuntungan menggunakan format Foto RAW ialah foto selalu tersimpan sebagai file murni dan tidak akan berubah. Kamu bisa menyimpan dan mengedit sesuai keinginanmu dan kapanpun kamu mau. Dengan aplikasi edit foto, kamu bisa mengubah sebuah foto format RAW sebagai file yang terpisah dari foto aslinya. Jadi File RAW seperti klise atau film negative sebuah foto. kamu bisa mengedit lagi dan lagi tanpa merusak foto aslinya.

 

Baca juga artikel

Empat Kamera Digital Kompak dengan Fitur Anti Air

Panduan Memilih Lensa Kamera DSLR dengan Tepat

Panduan Membeli Kamera Mirrorless Agar Tak Salah Pilih

Artikel Lainnya

Komentar