DSLR vs Mirrorless, Mana yang Terbaik untuk kamu?

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 21 Okt 2015 | 10:32

Saat kamu serius menekuni dunia fotografi, kamu pasti membutuhkan kamera digital yang tidak sembarangan. Dalam dunia kamera sendiri, terdapat dua kamera yang sering digunakan yakni kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) dan kamera mirrorless. Kedua kamera ini mampu menghasilkan foto terbaik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kamera DSLR didesain layaknya kamera film 35 mm. Terdapat cermin dalam bodi kamera yang memantulkan cahaya yang masuk jauh ke dalam lensa dan masuk ke viewfinder untuk melihat bidikan. Saat kamu menekan tombol shutter, cermin akan bergerak dan cahaya yang ditangkap lensa akan jatuh pada sensor gambar, dimana ini menjadi proses akhir foto. Dalam kamera ini, fungsi prisma dan cermin untuk membidik objek dihilangkan diganti dengan LCD viewfinder. Fungsi cermin dalam kamera ini hanya sebatas cahaya yang masuk ke lensa sehingga bisa dilihat melalui viewfinder kamera. Bicara fitur, kamera DSLR hadir dengan berbagai fitur dan tipe.

Sementara itu, pada kamera Mirrorless, gambar yang masuk melalui lensa akan langsung ditangkap oleh sensor gambar dan ditampilkan di LCD viewfinder yang ada dibelakang lensa. Dengan teknologi ini, body kamera mirrorless biasanya lebih ringkas, tipis dan kecil dibanding kamera DSLR.

Dipasaran sendiri ada berbagai macam tipe kamera mirrorless. Kamu bisa menemukan kamera mirrorless dengan interchangeable lense, single built in lens, hingga image sensor berbeda.

Lalu, manakah yang terbaik diantara kamera DSLR atau kamera Mirrorless? Berikut perbandingannya.

Ukuran dan berat

Secara umum kamera DSLR tampil dengan dimensi yang lebih besar dan lebih berat dibanding kamera Mirrorless. Ukuran kamera DSLR biasanya lebih tinggi 5 – 7 cm dan lebih tebal 4-6 cm dibanding kamera Mirrorless. Hal ini tentu cukup menggangu bila kamu membawa kamera DSLR beraktivitas atau dalam perjalanan. Apalagi kamera DSLR dibekali lensa yang besar dan berat. Tak heran Mirrorless lebih baik daripada kamera DSLR dalam urusan ukuran dan berat.

Baca juga: Mengenal Focal Length dan Memilih Ukuran yang Pas

Sebagai contoh, kamera mirrorless Sony A6000 hanya memiliki ketebalan 4,75 cm dan berat tak sampai 500 gram. Tentu saja kamera mirrorless lebih nyaman digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Kecepatan Autofocus

Kamera DSLR terkenal sebagai kamera digital dengan autofocus yang cepat. Mekanisme cermin dan teknologi phase detection membuat sensor bekerja lebih cepat. Sedangkan pada kamera mirrorless masih mengusung teknologi contrast detection yang membuat lensa bekerja lebih lama untk menemukan kontras yang pas untuk fokus.

Teknologi Contrast detection memang terkenal lambat dibanding phase detection apalagi kala memotret di tempat minim cahaya. Untungnya, beberapa produsen kamera Mirrorless mulai memperbaiki teknologi ini. Beberapa produsen bahkan sudah menghadirkan teknologi phase detection pada kamera ini. Ada juga produsen yang menggunakan teknologi hybrid autofocus menggabungkan phase detection dengan contrast detection.

Previewing image

Kamera DSLR dibekali optical viewfinder yang membuat kamu mengetahui persis apa yang hendak kamu potret. Sementara Mirrorless masih menggunakan teknologi image on screen meski sudah menggunakan Electronic ViewFinder (EVF) .  Saat kamu memotret dalam kondisi bagus, Kamera Mirrorless akan bisa menampilkan gambar yang sesuai. Namun, disituasi tertentu, misalnya saat gelap atau mengambil objek yang begerak, masih ada delay dan tidak begitu akurat. Hal berbeda bisa menggunakan kamera DSLR. Kamera ini mampu menampilkan foto lowlight dengan lebih baik dan akurat dibanding mirrorless.

Baca juga: Kenali 7 Alat Pembersih Lensa Kamera DSLR Biar Makin Kinclong

Image Stabilization

Tangan yang bergetar atau goyang sering membuat hasil foto tampak blur. Gambar blur juga sering nampak kala kamu menggunakan zoom atau saat menggunakan kamera di kondisi kurang cahaya. Kedua kamera untungnya sudah menggunakan image stabilization system. Sensor pada kamera juga sudah mampu membaca pergerakan objek dengan lebih baik. Diharapkan dengan teknologi tersebut mampu mengurangi getaran sehingga hasil gambar tidak mudah blur dan semakin jelas.

Kualitas gambar


copyright pixelsquare.it

Jika dibandingkan, kamera DSLR atau Mirrorless memiliki kualitas gambar yang baik. Hal ini terjadi Karena kedua kamera saat ini sudah menggunakan sensor gambar yang sama-sama besar dan sama baik. Prinsip sederhananya ialah jika sensor gambar kecil maka kemampuan menangkap cahaya lebih sedikit sehingga kualitas gambar akan kurang maksimal, noise akan tinggi dan kemampuan kamera saat keadaan cahaya minim tidak akan baik. Maka, tak heran, kamera mirrorless saat ini dibekali sensor gambar yang mendekati kamera DSLR.

Kualitas Video

Dikarenakan sensor yang semakin baik, kamera Mirrorless high-end biasanya mampu digunakan merekam video dengan lebih baik. Kamera DSLR tidak bisa merekam dengan baik, lebih lambat, kurang akurat. Hal ini disebabkan teknologi phase detection kurang mumpuni dalam hal merekam video.

Baca juga: Pentax Full Frame DSLR Hadir Awal Tahun Depan

Berbeda dengan kamera mirrorless saat ini yang justru bisa digunakan merekam video dengan lebih baik. Beberapa kamera bahkan sudah menggunakan teknologi Ultra HD video.Walaupun demikian beberapa produsen kamera DSLR sudah mengatasi hal tersebut dan membuat kamera DSLR generasi baru sanggup merekam video 4K dengan baik.

Kecepatan pengambilan gambar

Kedua teknologi yang terpasang dalam kamera ini mampu menangkap gambar dengan cepat. Kemampuan continuous shot baik DSLR maupun mirrorless sudah cukup cepat. Namun, dikarenakan hambatan mekanik kala membuka cermin, Mirrorless lebih cepat dalam menangkap gambar kala shutter ditekan.

Baterai

Kamera DSLR biasanya memiliki kapasitas baterai cukup besar sehingga mampu digunakan memotret ratusan foto sekali charge. Berbeda dengan kamera mirrorless yang hanya 350 jepretan saja sekali charge.

Kesimpulan

Melihat data-data di atas, kedua kamera memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda. Untuk urusan desain dan kecepatan pengambilan gambar, tampaknya kamera Mirrorless pemenangnya. Namun, kala menengok bagian lensa, kualitas gambar sepertinya kamera DSLR tetap yang terbaik. Untuk urusan professional tampaknya kamera DSLR lebih baik. Sementara untuk urusan casual, kamera Mirrorless layak digunakan.

 

Baca juga artikel

Mengenal Jenis Lensa Kamera DSLR dan Kegunaannya

Kamera ini Bisa Rekam Video 380 Derajat

5 Kamera Mirrorless Terbaik Penganti DSLR di 2015

Artikel Lainnya

Komentar