Ini 4 Smartphone Samsung dengan Fitur Fingerprint Scanner

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 06 Okt 2016 | 15:26

Teknologi fingerprint recognition atau pengenalan sidik jari kini makin banyak digunakan pada smartphone. Fungsinya ialah sebagai solusi keamanan dan untuk menyakinkan bahwa hanya pemilik smartphone yang bisa menggunakannya.

Pengguna cukup menempelkan jari mereka pada tombol “Home” atau menyapu (swipe) pada layar smartphone dan ponsel akan mengidentifikasi si pemilik ponsel. Kemudian sistem pengamanan fingerprint ini akan menyetujui setiap operasional yang dilakukan oleh pengguna.

Teknologi ini mulai populer sejak Apple mengenalkan iPhone 5s, tetapi smartphone tersebut bukanlah yang pertama memiliki teknologi fingerprint. Melainkan Atrix 4G, smartphone milik Motorola. Smartphone ini diciptakan oleh Motorola dengan menanamkan sistem operasi Android froyo, prosesor dual core Nvidia Tegra 2, dan RAM 1GB.

Sayangnya, ponsel ini tak sepopuler iPhone 5s sehingga teknologi fingerprint tidak terangkat gaungnya, namun Apple berhasil untuk itu dan mempopulerkan kecanggihan teknologi tersebut kepada publik dunia. Sejak itu mulai bermunculan smartphone dengan fingerprint milik Samsung Berikut 5 smartphone dengan teknologi fingerprint pda produk Samsung yang ada di pasar Tanah Air.

Samsung Galaxy S6 SM-G920F

Samsung Galaxy S6 dilengkapi dengan fingerprint scanner yang fungsinya selain untuk alasan keamanan juga sebagai alat verifikasi saat melakukan pembelian aplikasi atau transaksi pembayaran melalui ponsel. Spesifikasi Samsung Galaxy S6 sendiri dibekali chipset Exynos 7420, octa core (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57) dengan grafik prosesor Mali-T760MP8 dan RAM berkapasitas 3GB. Kelengkapan lainnya ialah 16 megapixels kamera belakang dan 5 megapixels dibagian depan. Baterai Li-ion milik Galaxy S6  sendiri berkapasitas 2550 mAh dan tidak bisa dibongkar pasang.

Samsung Galaxy S5 G900

Pemindai sidik jari Samsung Galaxy S5 terletak pada tombil “Home” yang berfungsi untuk membuka kunci ponsel, mengakses konten, memverifikasi identitas pemilik saat akan membeli konten. Pemilik Samsung Galaxy S5 dapat menyimpan tiga sidik jari sekaligus dan Anda dapat menghapus atau memberi nama sidik jari yang sudah didaftarkan. Pada Smasug Galaxy S5 Mini juga tersemat teknologi fingerprint scanner.

Samsung Galaxy S5 memiliki layar Super Amoled dengan bentang layar berukuran 5.1 inci dan sudah beresolusi full HD. Layarnya sudah dilapisi dengan anti gores Gorilla Glass 3 dan untuk antarmuknya menggunakan Samsung TouchWiz UI. Kinerjanya dibekali chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801, quad core 2,5 GHz. Pilihan memori internal ada dua, 16GB dan 32GB, dengan RAM 2GB. Kamera utama 16 megapixels dan 2 megapixel dibagian depan. Sementara itu, baterainya bisa dibongkar pasang dan memiliki kapasitas 2800 MAh.

Samsung Galaxy Note 4 N910C

Samsung Galaxy Note 4 memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan pada pemiliknya. Perangkat ini ditanamkan fitur baru, diantaranya ialah UV sensor dan pemindai sidik jari. Fitur UV pada samsung Galaxy Note berfungsi untuk mendeteksi radiasi ultra violet, sedangkan fingeprint scanner berguna untuk membuka atau mengunci layar ponsel, verifikasi akun Samsug dan untuk akses Paypal.  Teknologi fingerprint ini juga terdapat pada Samsung Galaxy Note 4 Duos

Letaknya sensor fngerprint milik Samsung Galaxy Note 4 ada di bawah layar, tepatnya di tombol “Home” dan pemiliknya dapat mendaftarkan 8 sidik jari sekaligus. Samsung Galaxy Note 4 juga dilengkapi dengan pengisian daya cepat untuk mengisi ulang baterai 3220 mAh miliknya.

Sementara itu, untuk hardware-nya Samsung Galaxy Note 4 terdiri dari Qualcomm Snapdragon 805 (SM-N910S), Exynos 5433 (SM-N910C), Quad-core 2.7 GHz Krait 450 (SM-N910S), Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 & Quad-core 1.9 GHz Cortex-A57 (SM-N910C), RAM 3GB, kamera 16 megapixels dan 3,7 megapixels.  Samsung Galaxy Note 4 berjalan pada sistem operasi Android OS, v5.0.2 (Lollipop) (Lollipop).

Samsung Galaxy S6 Edge SM-G925F

Samsung Galaxy S6 Edge makin spesial dengan hadirnya layar lengkung pada kedua sisinya. Apalagi ditambah teknologi pengamanan fingerprint yang fungsi  dan caranya tidak jauh berbeda dengan rekan-rekannya. Samsung Galaxy S6 Edge memiliki layar 5,1 inci beresolusi 1440 x 2560 pixels dan layarnya dilengkapi Gorilla glass generasi ke empat.

Dalam tubuh Samsung Galaxy S6 Edge sudah terinstal Android v5.0 Lollipop yang kinerjanya mendapat dukungan dari chipset prosesor milik Samsung Exynos 7420, dan prosesor octa core. Memori internalnya terdiri dari 32/64/128 GB, dan 3GB RAM. Samsung Galaxy S6 Edge yang memiliki kamera utama 16 megapixels dan 5 megapixels kamera sekunder dalam tubuhnya tertanam baterai berkapasitas 2600 yang tidak bisa dibongkar pasang.

HANDPHONE SAMSUNG DENGAN FITUR SIDIK JARI (FINGER PRINTSCANNER)

Baca juga artikel
Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor
7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menari
Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar