Diperbaharui pada Senin, 21 Mei 2018 | 11:13

Review Vivo V9 True Red: Si Merah yang Jago Selfie

Pada akhir Maret lalu Vivo secara resmi melepas hp Android terbarunya Vivo V9 di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Pada acara yang disiarkan langsung oleh 12 channel TV nasional juga menampilkan artis-artis ternama seperti Agnez Mo, Afgan, A Ghazali, Beby Tsabina, Maudy Ayunda, Prilly Latuconsina, Tulus, Via Vallen, Yura Yunita, sampai group band Gigi.

Hp terbaru dari Vivo ini mengusung layar kekinian FullView display, desain elegan, dual kamera belakang, kamera selfie resolusi tinggi, RAM 4GB, sensor fingerprint, face unlcok, OS Android 8 Oreo dan baterai dengan kapasitas 3260 mAh. Dalam paket penjualannya pun cukup lengkap. kamu akan mendapatkan buku panduan, SIM tray ejector, unit charger, earphone dan softcase.

Untuk pilihan warna pun beragam, seperti hitam dan biru yang menarik. Dan kini Vivo tetap konsisten dengan pilihan warna modis dengan meluncurkan seri terbaru V9 dengan pilihan warna merah bertajuk “Vivo V9 True Red”. Opsi ini menjadi seri warna terbaru Vivo V9 di Indonesia, harganya pun tetap sama. 

Kami pun berkesempatan menjajal dan menguji kemampuan Vivo V9 True Red ini. Selain beda pada warna, namun semua spesifikasi Vivo V9 tidak ada yang berubah. Langsung kita simak performa Vivo V9 di bawah ini.

Desain

vivo v9Pilihan warna True Red di Vivo V9 kali ini memang sangat menarik. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki pesona energetik, dinamis, dan percaya diri. Apalagi bila terkena pantulan sinar matahari, membuat tampilannya makin memikat.

Hal ini tidak terlepas dari komitmen Vivo yang memang serius menghadirkan desain premium pada hp Android FullView display ini. Walau masih terlihat sama dengan pendahulunya Vivo V7, Vivo V9 tampil lebih unik dan kece dengan hadirnya notch pada layar layaknya iPhone X.

Meski bodi Vivo V9 masih menggunakan campuran material plastik dan metal tapi tetap membuat hp ini enak dilihat, nyaman digenggam dan tidak licin. Hp Android yang memiliki bobot 150 gram ini memiliki SIM tray yang dapat digunakan untuk dua kartu SIM dan satu SD Card di sisi kiri dan tombol power serta volume button pada sisi kanan.

Di sisi depan ada earpiece, lampu notifikasi dan kamera untuk kebutuhan selfie kamu. Sebaliknya pada sisi bagian belakang terdapat dual kamera yang dilengkapi dengan LED flash dan pastinya fingerprint sensor. Terdapat juga logo vivo dan tulisan pemanis “Designed by vivo”.

Lanjut ke bagian bawah, kamu akan menemukan 3,5mm jack port, mikrofon, port Micro USB dan speaker eksternal. Sejauh kami menggunakan Vivo V9 ini, kami merasa nyaman pada saat menggenggam dan mengakses segala tombol yang ada.

Layar

Vivo V9 mengusung layar FullView Display 2.0 kekinian seluas 6.3 inch. Layarnya beresolusi FullHD+ 1080 x 2280px dengan tingkat kerapatan mencapai 400 ppi. Sebagai informasi tambahan, rasio layar Vivo V9 adalah 19:9, bukan 18:9.

Tapi karena rasio yang tidak biasa ini, ada banyak aplikasi yang tidak bisa ditampilkan pada layar fullscreen, contohnya YouTube. Fitur pinch-to-zoom pada YouTube tidak berfungsi pada Vivo V9. Hal ini disebabkan oleh sistem operasi Android yang belum mendukung penuh untuk smartphone dengan layar notch seperti Vivo V9.

Namun jangan bersedih karena kabarnya OS Android P nanti akan mendukung penuh smartphone-smartphone dengan tampilan layar Notch. Contohnya ya Vivo V9 ini. Di luar masalah desain layar notch itu, performa layar yang dihasilkan oleh Vivo V9 sudah cukup baik.

Layarnya sangat nyaman saat kami gunakan untuk menonton film dan bermain game. Layar Vivo V9 terlihat lebih cerah dan bersih jika dibandingkan dengan ASUS Zenfone Max Pro M1 yang lebih menguning. Vivo juga menambahkan fitur Eye Protection agar mata kamu tidak cepat lelah saat menatap ke layar Vivo V9 ini.

OS dan UI

Di dalam Vivo V9 sudah tertanam OS Android 8.1 Oreo terbaru dengan UI FunTouch versi 4.0 yang memiliki fitur-fitur menarik dan sekali lagi UI ini terasa sangat iOS sekali. Contohnya, FunTouch memberikan fitur Control Center yang notabene ada di perangkat iPhone.

Tombol navigasi juga dapat kamu hilangkan dan sebagai gantinya kamu dapat menggunakan fitur gesture sehingga akses menu akan semakin mudah. Memang sih, untuk pengguna yang belum terbiasa dengan akses gesture ini akan sedikit kebingungan.

Tapi saat sudah terbiasa maka fitur ini akan terasa efektif dan efisien. Misal kamu mau ke kembali atau ke menu sebelumnya, kamu cukup swipe dari ujung kiri bawah layar ke atas. Gesture-gesture ini nantinya dapat kamu modif sendiri sesuai dengan kemauan.

Beralih ke fitur keamanan, Vivo V9 memiliki fitur fingerprint dan face unlock. Kedua fitur ini berjalan dengan baik sesuai dengan ekspetasi kami. Hanya butuh kurang dari 1 detik untuk membuka akses Vivo V9 kamu menggunakan sidik jari dan 1 detik menggunakan face unlock. Untuk face unlock, pastikan kamu ada di tempat yang cukup cahayanya.

face unlock
Vivo V9 juga membenamkan banyak fitur-fitur yang cukup bermanfaat. Ada fitur Game mode yang akan membuat aktivitas gaming kamu makin maksimal. Lalu ada Motorbike Mode yang memungkinkan kamu untuk lebih fokus ketika sedang mengendarai motor.

Karena fitur ini akan me-reject semua panggilan masuk dan akan otomatis mengirim pesan SMS ke nomor yang menghubungi kamu. Fitur ini juga akan men-disable semua notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang terinstall di Vivo V9.

Selain fitur di atas, ada juga fitur unik yang bisa didapatkan di Vivo V9 yaitu Smart Motion, Smart Split, One-handed, Ap Clone dan Smart click. Selama pengujian ini, kami berpendapat bahwa OS dan UI Vivo V9 berjalan dengan sangat baik, cepat dan praktis.

Kamera

Sesuai slogannya “Perfect Shot” Vivo V9 versi Indonesia ini dibekali dual kamera belakang dengan resolusi 13MP dan 2MP dan kamera selfie 24MP dengan fitur AI yang akan menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Untuk kamu yang menyukai foto bokeh, Vivo V9 bisa menjadi jawaban yang tepat untuk kamu. Selain menggunakan teknologi AI, bokeh hasil jepretan Vivo V9 juga tidak terlalu berlebihan dan terlihat alami. Namun sayang, pada saat mengambil pada kondisi low light, hasil foto yang dihasilkan Vivo V9 masih kurang maksimal.

Selain fitur AI, kamera Vivo V9 juga pastinya sudah memiliki fitur PDAF dan DOF. Pada mode kamera Vivo V9, kamu akan dimanjakan dengan fitur AI diantaranya AI Bokeh, AI HDR, AI Scene Recognition, AI Face Beauty, AI Self Lighting dan AR Sticker.

Kamu juga dapat menggunakan mode manual jika dirasa mode otomatis belum cukup untuk kamu. Pada mode manual tentunya kamu bisa mengatur ISO, shutter speed, exposure, white balance, dan focus manual. Dari fitur kamera yang diberikan oleh Vivo V9, sudah pasti smartphone ini cocok untuk kamu yang gemar selfie dan foto bokeh.

Untuk kualitas kamera depannya tidak perlu diragukan lagi. Dengan sensor beresolusi hingga 24MP, kamu bisa mengambil foto selfie dengan hasil yang terbaik. Dengan resolusi tinggi, hasil foto selfie Vivo V9 memang sangat tajam, jernih dan detail. Kamu bisa lihat hasilnya dibawah ini.

Hasil foto Vivo V9

Performa

Entah apa yang membuat Vivo merilis V9 dengan prosesor yang lebih rendah dibandingkan dengan yang versi India. Jika versi India menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 626 maka untuk versi Indonesia, V9 hanya dibekali Qualcomm Snapdragon 450 saja.

Prosesor Snapdragon 450 di Vivo V9 ini ditemani RAM 4GB dan ROM 64GB yang pastinya dapat di ekspansi dengan menggunakan SD Card serta GPU Adreno 506. Untuk jaringan WiFi, Vivo V9 sudah menggunakan modem LTE X9 yang dapat mendownload sampai dengan 300Mbps dan upload mencapai 150Mbps.

Pada AnTuTu, Vivo V9 mencapai skor 76852 dengan rincian 36661 untuk skor CPU, 12099 untuk skor GPU, 21196 untuk skor UX dan 6896 untuk skor memori. Kemudian pada PCMark, Vivo V9 mendapatkan skor 4495 untuk Work 2.0 performance.

Yang terakhir pada Geekbench 4, Vivo V9 mendapat skor 781 (Single-core) dan 3986 (Multi-core) pada uji CPU dan skor 3382 untuk uji RenderScript unggul di atas Samsung Galaxy S7 (2766), Huawei Nexus 6P (2628) dan Samsung Galaxy S6 (1963). Skor yang cukup baik untuk hp Android dengan harga Rp.3 jutaan bukan?

Untuk performa gaming, Vivo V9 cukup bisa dikamulkan untuk bermain game masa kini seperti PUBG Mobile. Walaupun hanya bisa settingan Low tapi kami tidak mengalami lag dan stutter yang mengganggu.

Pada sektor baterai, Vivo membenamkan baterai dengan kapasitas 3,260mAh. Performa baterai Vivo V9 cukup baik dimana smartphone selfie ini dapat bertahan hampir 10 jam dengan aktifitas socmed, light gaming dan video call.

Namun sayang beribu sayang, Vivo V9 belum didukung fitur fast charging. Jadi kamu butuh waktu ekstra untuk mengisi baterai dari kondisi kosong sampai penuh. Lalu kalau bicara performa speaker, hasil suara yang dihasilkan Vivo V9 menurut kami masih biasa-biasa saja. Suara yang dihasilkan terdengar cempreng. 

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6.3 inch
OS Version 8.1
Detail Prosesor Snapdragon 450
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 24 MP
Kapasitas Baterai 3260 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Vivo V9 sukses melahirkan smartphone yang menurut kami hampir sempurna jika saja hp ini dibekali dengan fitur fas charging dan kualitas speaker yang lebih baik. Tapi jika kamu seorang yang gemar berkreasi dengan foto dan ingin punya hp dengan model kekinian, rasanya dengan harga Rp 3 jutaan, Vivo V9 layak kamu tebus.

Like us!
Evan Yazid Praditya
77 Posts